Toyota Siapkan Fasilitas Recycle Baterai Mobil Listrik, Seperti Apa Implementasinya?

Ditulis oleh : Syah Rezi Tungga Dewi

14 October 2019

Toyota Siapkan Fasilitas Recycle Baterai Mobil Listrik, Seperti Apa Implementasinya?

momobil.id – Mobil bertenaga listrik dianggap sebagai solusi efektif dalam mendukung pengurangan dampak pemanasan global. Para produsen mobil ternama pun berlomba mengeluarkan produk inovatif mereka berkaitan dengan mobil listrik. Tetapi, mobil listrik tidak sepenuhnya tanpa masalah. Problem utama yang paling disorot saat adalah pada bagian baterai mobil listrik tersebut.

Bertambahnya usia baterai pada mobil listrik akan membuat baterai kehilangan kemampuan untuk memberi daya pada mobil. Limbah baterai pun akan sulit terurai. Jika dibiarkan, limbah baterai akan menumpuk dan justru mencemari lingkungan sekitarnya dengan kandungan kimia yang terkandung pada komponen mereka.

Berdasarkan masalah ini, Toyota Indonesia sedang mempersiapkan solusi untuk mengatasinya. PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai pihak pemegang lisensi penjualan Toyota di Indonesia menyatakan telah berdiskusi bersama beberapa instansi untuk mempersiapkan fasilitas recycle baterai mobil listrik. Rencana pengembangan fasilitas recycle baterai mobil listrik ini tentu saja membawa angin segar untuk percepatan implementasi mobil listrik di Indonesia.

Seperti dilansir Tempo, Direktur Marketing TAM, Anton Jimmi Suwandhy menyatakan bahwa Toyota Indonesia telah menjalin kerja sama dengan beberapa universitas untuk teknologi dan cara yang paling efektif serta efesien dalam persiapan fasilitas ini. Baterai bekas ini nantinya akan dihubungkan dengan panel surya, dan beberapa dijadikan sebagai produk baru yang lebih berguna.

Baca Juga: Suzuki siapkan Ertiga hybrid untuk pasar Indonesia

Toyota secara global memanfaatkan baterai bekas mobil elektrik untuk beberapa hal. Contohnya Toyota Amerika. Toyota Amerika menggunakan baterai Camry Hybrid bekas yang memiliki baterai jenis Ni-MH (Nickel-Metal Hydride), untuk menyimpan daya dari matahari di peternakan Lamar Buffalo, Yellowstone National Park.

Selain cara di atas, baterai bekas mobil elektrik juga bisa digunakan untuk hal lain. Di Belanda, baterai bekas mobil listrik digunakan untuk menerangi stadion kandang dari tim Ajax Amsterdam. Sejauh ini, fasilitas recycle baterai mobil elektrik terbaik dipegang oleh Belgia.

Selain menggandeng beberapa universitas, Toyota Indonesia juga akan menggandeng perusahaan pengolahan limbah untuk mewujudkan suksesnya fasilitas recycle baterai mobil elektrik. Mobil produksi Toyota yang beredar di Indonesia dan tertanam baterai elektrik antara lain Alphard, Camry, Corolla Altis, dan C-HR.

Sumber gambar: Carlist

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... Read More

Kembali ke atas