Toyota Transmover Kabarnya Mendapat Sederet Fitur Baru, Apa Saja Itu?

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 11 November 2020

Toyota Transmover Kabarnya Mendapat Sederet Fitur Baru, Apa Saja Itu?

momobil.id – Sejak pertama kali hadir di Indonesia pada 2016 lalu, Toyota Transmover memang ditujukan untuk segmen fleet, khususnya armada taksi. Setelah empat tahun mengaspal di Indonesia, Toyota Transmover kini dikabarkan akan mendapat peningkatan fitur.

Sebagai varian dasar dari Toyota Avanza, tentu saja tampilan eksterior, interior, serta fitur mobil ini terbilang sangat minim. Pada awal peluncurannya dahulu, nampak berbagai fitur yang ada di Toyota Avanza disunat pada mobil ini. Tujuannya, tentu saja untuk memangkas harganya agar bisa semurah mungkin.

Namun seiring berjalannya waktu, permintaan pasar pun mulai beralih. Beberapa konsumen fleet nampaknya mulai menginginkan ada peningkatan tampilan serta fitur dari Toyota Transmover ini.

Kini, di tahun keempatnya hadir di Indonesia, Toyota Transmover pun mendapatkan beberapa peningkatan. Menurut penuturan salah satu wiraniaga Toyota di DKI Jakarta yang enggan disebutkan namanya, ada beberapa penambahan fitur serta aksesori pada mobil ini.

“Jadi iya, dia itu namanya Transmover Spec Up. Bedanya velgnya itu sudah pakai dop, kaca spion juga sudah elektrik dan sewarna bodi, sudah pakai kaca film juga. Lalu sudah dilengkapi alarm, head unit single din dan speaker,” jelas wiraniaga tersebut seperti dilansir kumparan.

Sementara untuk detail lainnya, tak ada yang berbeda seperti Toyota Avanza tipe E. Mulai dari desain grille, lampu depan dan belakang yang masih halogen, desain setir polos tanpa tombol pengaturan audio, hingga pengaturan AC yang sudah digital dan double blower.

Baca juga: Sejarah Mobil Ikonik Toyota MR2 yang Punya Mesin di Bagian Tengah

Lalu untuk fitur-fitur keselamatannya, Toyota Transmover ini hanya dibekali Dual SRS Airbags saja. Tak ada fitur keselamatan lainnya, termasuk sistem pengereman ABS dan EBD. Menyoal dapur pacunya, Toyota Transmover menggendong mesin bensin 4 silinder 1.3 liter Dual VVT-i yang mampu menghasilkan tenaga 95 dk dan torsi 120 Nm. Pilihan sistem transmisinya hanya ada 1 pilihan saja, manual 5 percepatan.

Bicara soal harganya, Toyota Transmover Spec Up ini diniagakan dengan harga Rp178,2 juta on the road Jakarta. “Kalau untuk Transmover ini dia enggak ada diskon. Dan pembeliannya juga harus nama PT, jadi enggak bisa perorangan,” kata wiraniaga tersebut.

Adapun Dimas Ibrahim Aksa selaku Interactive Communication Department Head PT Toyota Astra Motor (TAM), menampik bahwa Toyota akan menjual Transmover untuk kendaraan pribadi.

“Dealer menjualnya (Toyota Transmover) untuk konsumen fleet (angkutan). Bukan individu (untuk mobil pribadi),” kata Dimas Ibrahim Aksa, Interactive Communication Department Head PT Toyota Astra Motor (TAM), kepada Tempo.

Dimas Ibrahim Aksa menerangkan bahwa Toyota Transmover pada dasarnya dipasarkan untuk memenuhi konsumen fleet, sepert armada taksi, kendaraan operasional perusahaan, hingga taksi online. Jadi sangat mungkin Transmover akan memiliki pelat hitam seperti mobil pribadi pada umumnya.

Meski demikian, dealer menjualnya untuk konsumen fleet. Untuk kebutuhan mobil pribadi diarahkan ke Toyota Avanza tipe E, tipe terendah yang harganya tidak terlampau jauh dari Toyota Transmover.

Dimas mengungkapkan fitur Toyota Transmover terbaru bisa saja lebih bagus dibandingkan sebelumnya. Konsumen fleet nonarmada taksi sangat mungkin menginginkan customise seperti penggunaan kaca spion dengan lampu sein, velg kaleng dengan penutup, dan sebagainya. “Market Transmover sebenarnya sudah terukur. Diproduksi ketika permintaan sudah masuk,” jelasnya.


Kembali ke atas