Toyota Veloz Generasi Terbaru Makin Canggih, Varian Tertinggi Nyaris Rp300 juta

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 10 November 2021

Toyota Veloz Generasi Terbaru Makin Canggih, Varian Tertinggi Nyaris Rp300 juta

momobil.id – Toyota resmi memperkenalkan All New Veloz generasi terbaru dengan tampilan yang berubah total dari generasi sebelumnya. Toyota Veloz terbaru hadir dalam tiga varian, yang mana varian tertinggi telah dibekali fitur Toyota Safety Sense (TSS).

Tiga varian Toyota Veloz itu yakni Veloz M/T (Rp251,2 juta), Veloz Q CVT (Rp272,1 juta), dan Veloz Q CVT TSS (Rp291,5 juta). Banderol ini merupakan harga On The Road Jakarta dan masih termasuk versi insentif PPnBM nol persen. Lalu, apa saja yang baru dari generasi terbaru Toyota Veloz? Berikut ulasannya.

Eksterior

All New Toyota Veloz

All New Toyota Veloz memiliki dimensi 4.475 mm x 1.750 mm x 1.700 mm dengan wheelbase 2.7150 mm. Mobil ini menggunakan platform baru Front Engine-Front Wheel Drive (FF) yang dipadukan dengan New Developed Suspension dengan mengoptimalkan geometri suspensi depan dan belakang serta karakteristik spring rate dan damper.

Hasilnya, All New Veloz diklaim mampu memberikan stabilitas pengendalian yang prima dan kenyamanan berkendara yang diperkuat dengan dimensi bodi yang lebar dan jarak sumbu roda yang panjang.

Secara grand design, kesan kokoh, tangguh, dan agresif terpancar dari kap mesin yang tinggi sebagai bagian dari New Distinctive Front Look, serta New Formidable Design Front Grille dengan lekukan kokoh yang menjadi lokasi New Advanced LED Headlamp with Sequential Turnlamp, serta dengan New Fog Lamp.

All New Toyota Veloz

Pada body belakang, terdapat Progressive Rear Combination Lamp with Full Backdoor Lamp untuk membuat tampilan lebih modern dan lebar yang dipertegas dengan Sturdy Rear Bumper yang dibentuk sedemikian rupa untuk menonjolkan kesan agresif dan tangguh.

Untuk ukuran ban, varian Q CVT dan Q CVT TSS menggunakan profil 205/50 R17. Sedangkan varian M/T memakai profil 195/60 R16.

Interior

All New Toyota Veloz

Salah satu hal menarik yang dihadirkan Toyota pada All New Veloz yakni konfigurasi jok yang sangat fleksibel. Pengguna bahkan bisa menyetel jok layaknya sofa sehingga kaki penumpang bisa selonjoran dengan melipat bangku bagian tengah. Jok ini menggunakan kombinasi bahan fabric dan kulit sehingga menambah kesan stylish dan elegan.

Bergeser ke bagian setir, kini All New Veloz sudah mendapat konfigurasi tilt dan telescopic pada bagian setir yang dibalut dengan kulit. Ada juga tombol-tombol pengaturan MID dan audio pada lingkar kemudi.

All New Toyota Veloz

MID Toyota Veloz terbaru terbilang sangat lengkap. Layar LCD 7 inci MID Toyota Veloz memiliki empat opsi display yang bisa dipilih oleh pengguna. Ada juga indikator steering angle, indikator fitur safety yang aktif, jam, konsumsi bahan bakar, pengaturan bunyi fitur, pengaturan sensivitas fitur safety, menyalakan/mematikan fitur Blind Spot Monitoring dan Rear Cross Traffic Allert, setting lock dan auto unlock, setting wiper, dan sebagainya.

Untuk hiburan di dalam kabin, ada head unit berukuran 9 inci. Khusus varian Q CVT dan Q CVT TSS, head unit turut dilengkapi fitur smartphone connectivity. Dan di baris kedua, terdapat layar monitor untuk hiburan penumpang baris kedua dan ketiga.

All New Toyota Veloz

Fitur menarik lainnya, ada wireless charger di konsol tengah yang bisa dinyalakan dan dimatikan, electric parking brake dan tombol brakehold, dan tentunya tombol start stop engine. Detail lainnya, ada illumination light yang warna cahayanya bisa diubah-ubah.

Mesin

All New Veloz menggunakan mesin 1.500 cc 2NR-VE Dual VVT-i yang menyemburkan tenaga 106 PS dan torsi 14 Kgm. Tenaga mesin disalurkan ke empat roda lewat transmisi CVT baru yang dilengkapi split gear guna memberikan rasio gigi yang lebih lebar sehingga akselerasi lebih bertenaga dan mulus.

Fitur keselamatan

Hal menarik lainnya dari Toyota Veloz generasi terbaru adalah penyematan rem cakram ventilasi di bagian depan dan rem cakram solid di bagian belakang. Ya, roda belakang Toyota Veloz kini sudah menggunakan rem cakram. Sistem pengereman ini turut didukung fitur ABS, EBD, dan BA. Ada juga fitur Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA).

Selanjutnya, terdapat fitur Rear Crossing Traffic Alert yang memberikan notifikasi jika ada potensi tabrakan saat mobil mundur dan fitur Blind Spot Monitoring yang memberikan sinyal melalui grafik di kaca spion sebagai peringatan ketika ada mobil lain yang bergerak di area blind spot.

Selain airbag, All New Veloz juga dilengkapi fitur keselamatan aktif yang mengandalkan sensor dan radar yakni Toyota Safety Sense (TSS) pada varian Q CVT TSS. TSS pada All New Veloz terdiri dari empat fitur keselamatan. Fitur pertama adalah Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking yang mengandalkan sistem radar yang dirancang untuk membantu mengurangi risiko tabrakan dengan kendaraan lain di depan dengan memberikan daya pengereman, bahkan hingga berhenti darurat jika diperlukan.

Lalu ada fitur Pedal Missoperation Control yang mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas, dengan menyetel alarm peringatan, menerapkan pengereman, dan membatasi distribusi tenaga agar mobil melambat.

Fitur ketiga adalah Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention yang membantu mencegah mobil berpindah jalur secara tidak sengaja di jalan, dengan memberikan suara alarm saat mobil bergerak menyamping di jalan lurus. Dan yang terakhir adalah Front Departure Alert yang memberikan peringatan yang dapat didengar ketika mobil di depan tiba-tiba bergerak mendekat saat sedang mengantri di tengah kemacetan.

Baca juga: Tips Nyetir Mobil Pas Hujan: Jaga Jarak, Hindari Penggunaan Lampu Hazard

All New Veloz juga didukung dengan fitur canggih terbaru Toyota yakni T Intouch yang sebelumnya hanya diterapkan pada model premium yaitu New Camry. T Intouch adalah teknologi telematika yang terpasang di All New Avanza, yang menghubungkan mobil dengan aplikasi mTOYOTA, sehingga pelanggan dapat terhubung ke semua layanan mobilitas Toyota.

mobil terkait

Rp 185.000.000

Individu

TANGERANG SELATAN

Rp 187.000.000

Individu

PADANG

Rp 195.000.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 287.000.000

Individu

TANGERANG SELATAN

Rp 328.000.000

Individu

PURWAKARTA

Rp 178.000.000

Individu

DEPOK


Kembali ke atas