Toyota Vios 2023 Diluncurkan di Thailand, Ini Spesifikasinya!

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 10 August 2022

Toyota Vios 2023 Diluncurkan di Thailand, Ini Spesifikasinya!

momobil.id – Toyota Motor Thailand baru saja meluncurkan generasi terbaru dari Yaris Ativ. Dikenal dengan nama Toyota Vios 2023 di Indonesia, mobil ini datang dengan ubahan total pada bagian eksterior, interior, serta bagian mesin.

Menggunakan Platform Baru

Toyota Vios 2023 atau Yaris Ativ hadir dengan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Platform ini juga digunakan oleh Toyota Raize / Daihatsu Rocky, dan Toyota Avanza / Daihatsu Xenia.

Jika dilihat dari dimensi, Toyota Yaris Ativ atau Vios terbaru memiliki dimensi yang lebih besar dibanding generasi sebelumnya. Mobil ini memiliki panjang 4.425 mm, lebar 1.740 mm, dan tinggi 1.480 mm. Ukuran wheelbase pun bertambah 70 mm menjadi 2.620 mm, sehingga membuat interior lebih lapang.

Tampilan Eksterior Toyota Vios 2023

Pada bagian eksterior, tampilan dari Vios terbaru terlihat berbeda dibandingkan dengan pendahulunya. Vios generasi keempat terlihat mirip dengan Corolla Altis dan Camry terbaru. Bagian depan dari mobil ini dilengkapi dengan lampu utama berbentuk L-Shape DRL. Berlanjut ke bagian grille, tampak Vios terbaru mengusung tampilan grille besar mirip kepunyaan Corolla Altis.

Berlanjut ke bagian samping, bagian spion mobil menyatu dengan pilar A. Sementara pada bagian bawah terdapat wheel arches yang nampak pada bagian body samping. Toyota juga menyematkan velg dengan desain two-tone berukuran 16 inci dengan profil ban 195/60.

Pada bagian belakang, terdapat lampu belakang utama dengan desain lebih tajam dan menyipit. Lampu belakang juga dibuat dengan kesan menyatu. Pada bagian bumper bawah terdapat reflektor yang diintegrasikan dengan elemen yang mirip dengan diffuser.

Baca Juga: Menarik! Berikut Perbedaan Harga dan Spesifikasi, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Fitur dan Interior

Masuk ke dalam interior, kabin dari Vios terbaru terlihat tampil sporty, elegan, dan driver-focused. Bagian interior juga terlihat mewah dengan penggunaan bahan kulit pada bagian dashboard dan jok.

Pada bagian dashboard, mobil ini dilengkapi dengan head unit layar sentuh berukuran 8 inci yang sudah terintegrasi dengan Android Auto, Apple CarPlay, dan T-Connect. Head unit terlihat menggunakan model floating, dengan kisi-kisi AC yang berada di bawahnya.

Dalam segi fitur keselamatan, Toyota Vios atau Yaris Ativ dilengkapi dengan Toyota Safety System (TSS). Fitur TSS pada Vios terbaru meliputi pre-collision system, lane-departure alert, front departure alert, pedal misoperation control, auto high-beam function dan rear-cross traffic alert.

Fitur keselamatan standar lainnya juga dilengkapi pada Vios terbaru, diantaranya adalah enam buah airbag, traction control, ABS, EBD, brake assist, emergency stop signal, dan hill start assist.

Mesin dan Pilihan Varian

Dalam segi dapur pacu, Toyota Vios di Thailand menggunakan mesin sesuai dengan standar Eco Car. Mesin dengan kode 3NR-VE berkapasitas 1.200 cc 4 silinder naturally aspirated mampu menghasilkan tenaga sebesar 94 PS pada 6.000 RPM dan torsi 110 Nm pada 4.400 RPM. Tenaga yang dihasilkan kemudian disalurkan ke roda depan dengan transmisi CVT.

Mesin yang tergolong efisien ini memiliki konsumsi bahan bakar 23 km/liter. Selain itu, mesin yang sudah memenuhi standar Euro 5 ini memiliki beberapa mode berkendara. Mode tersebut antara lain adalah Eco, Normal, dan Sport.

Di Thailand, Toyota Yaris Ativ tersedia dalam beberapa pilihan varian, yaitu Sport, Smart, Premium, dan Premium Luxury. Toyota Vios terbaru dibanderol dalam rentang harga 539.000 baht sampai dengan 689.000 baht.

Sumber gambar: paultan.org

mobil terkait

Rp 601.150.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 331.100.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 309.100.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA

Rp 275.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas