Toyota Vios vs Honda City, Mana Sedan yang Lebih Baik?

Ditulis oleh : admin | 11 April 2017

Toyota Vios vs Honda City, Mana Sedan yang Lebih Baik?

momobil.id - Persaingan ketat rupanya tidak hanya terjadi pada pasar city car, MPV, serta SUV saja, tetapi sedan juga. Para produsen mobil masih mempertahankan varian mobil andalan mereka yang tiap tahun kian dimodifikasi agar menarik perhatian pasar. Namun bukan sedan kelas A yang dibahas di sini, melainkan sedan B-segment yang seringkali dijumpai di jalanan, baik dalam bentuk taksi atau mobil pribadi.

Lihat Koleksi Mobil : Jual Toyota Vios Di bawah 100 Juta

Toyota Vios vs Honda City adalah salah satu pesaing ketat di pasar sedan B-segment. Mengapa demikian? Pasalnya keduanya telah hadir sejak lama dan banyak digunakan oleh masyarakat dari berbagai kalangan, hingga dijadikan armada taksi. Masing-masing produsen pun tak henti-hentinya memberikan inovasi terbaru pada kedua tipe mobil ini. Untuk melihat mana yang lebih hebat, mari dibandingkan secara head-to-head.

Mesin

Toyota Vios vs Honda City
Source: carbay.my

Sama seperti seri-seri terrdahulunya, Toyota Vios dan Honda City masih menggunakan mesin yang sama. Toyota Vios dengan mesin 1.5L VVT-i yang mampu menghasilkan 107 hp pada rotasi 6000 RPM dan 141 Nm pada rotasi 4200 RPM. Sedangkan untuk Honda City, mobil ini dilengkapi dengan mesin 1.5L i-VTEC yang mampu menghasilkan 118 hp pada putaran 6600 RPM dan 145 Nm @ 4600 RPM.

Keduanya menang di aspeknya masing-masing. Dengan spesifikasi mesin tersebut, Toyota Vios lebih irit dalam urusan bensin dengan pembakaran 7.5 liter per 100 km dibandingkan dengan Honda City yang menghabiskan 8.2 liter per 100 km. Sedangkan untuk urusan kecepatan, Honda City lebih unggul meskipun menghabiskan bensin lebih banyak.

Interior

Source: carbay.my

Kedua tipe mobil ini dilengkapi dengan model dashboard dan head unit yang berbeda. Pada Toyota Vios, dashboard-nya didesain dengan model floating center console yang memberikan kesan permium. Sedangkan pada Honda City, centre console-nya condong ke arah pengemudi sehingga mudah untuk diakses supir dan memberikan kesan modern.

Sedangkan untuk alasan kenyamanan, Honda City mempunyai legroom yang lebih luas di bagian kursi penumpang dibanding Toyota Vios. Sehingga untuk beberapa aspek, Honda City bisa lebih diunggulkan dalam segi interior.

Handling

Source: carbay.my

Untuk urusan handling, bisa dibilang Honda City lebih unggul dibandingkan Toyota Vios. Mengapa? Pada belokan, Toyota Vios akan mengalami goncangan lebih besar dan tidak se-stabil Honda City pada kecepatan tinggi. Hal ini disebabkan karena Toyota lebih memfokuskan kennyaman berkendara di jalanan yang tidak banyak belokkan.

Keamanan

Source: carbay.my

Kedua mobil ini dilengkapi dengan 2 airbags dan rem standar ABS. Namun untuk varian yang lebih tinggi (Honda City 1.5 E), mobil ini dilengkapi dengan hill start assist yang mampu membantu pengemudi untuk menghidupkan mobil dalam jalan yang terjal.

Dalam hal menghidupkan mobil, Toyota Vios terbaru mengalami upgrade yaitu penggunaan keyless entry dan tombol push start. Sedangkan Honda City tetap menggunakan key fob system. Keduanya sama-sama aman karena memerlukan kunci sebagai sensor untuk menghidupkan stop kontak mobil.

Kesimpulan

Sepertinya akan sulit untuk menentukan mana yang lebih unggul, karena masing-masing mempunyai kelebihan di berbagai aspek. Namun dengan harga yang sama tapi dengan fitur yang lebih banyak (Honda City dan Toyota Vios berada di kisaran 270 – 300 juta rupiah), Toyota Vios atau pun Honda City bisa jadi pilihan yang sesuai dengan kebutuhan Anda..

Setuju dengan pendapat kami mengenai Toyota Vios vs Honda City? Atau lebih memilih Toyota Vios karena lebih cocok dengan kebutuhan Anda? Cari saja mobilnya di Momobil.id. Selain pilihan Honda City dan Toyota Vios yang begitu beragam, proses membeli kredit mobil bekas di Momobil.Id pun juga mudah dan aman. Yuk segera cek!

mobil terkait

Rp 497.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 369.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 182.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 179.000.000

Individu

JEMBER

Rp 116.000.000

Individu

JEMBER

Rp 142.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas