Toyota Yaris Cross Resmi Hadir di Indonesia, Ini Spesifikasinya

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 15 May 2023

Toyota Yaris Cross Resmi Hadir di Indonesia, Ini Spesifikasinya

momobil.id – PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan SUV baru, Toyota All New Yaris Cross secara global di Indonesia. SUV baru buatan Toyota ini hadir mengisi segmen Medium SUV 5-seater di atas Toyota Raize.

Dalam acara bertajuk “World Premiere of Toyota New Urban Cruiser Icon“, Toyota ingin menghadirkan mobilitas yang praktis dan efisien dengan menyediakan pilihan kendaraan elektrifikasi yang lebih banyak. Oleh karena itu, Toyota Yaris Cross hadir dalam dua pilihan penggerak, yakni mesin bensin konvensional dan mesin hybrid.

Desain Eksterior

Toyota All New Yaris Cross mengusung konsep Solid and Dynamic. Tampilan bodi tampak dinamis dengan lekukan yang tajam. Pada bagian depan, terdapat gril besar dengan bentuk trapesium serta lampu LED pipih. Tampilan depan sekilas mengingatkan pada Kijang Innova Zenix dan RAV4.

Berlanjut ke bagian samping, mobil ini dilengkapi dengan body cladding berwarna hitam, serta wheel arches yang besar dan mengotak. Sementara bagian belakang mobil hadir dengan lampu belakang pipih yang tampil sporty.

Secara dimensi, Yaris Cross memiliki ukuran cukup kompak dengan panjang 4.310 mm, tinggi 1.615 mm, jarak sumbu roda 2.620 mm, dan ground clearance 260 mm. Mobil ini memiliki approach angle hingga 19 derajat dan departure angle 28 derajat. Dengan jarak demikian, Toyota Yaris Cross mampu melewati segala medan. 

Interior dan Fitur

Beralih ke bagian interior, All New Yaris Cross hadir dengan interior roomy SUV feel dan sporty. Kabin dari SUV kompak Toyota ini hadir dirancang dengan tempat duduk yang nyaman, serta bagasi yang luas. Untuk menciptakan kabin yang mewah, Toyota menyematkan ornamen soft padding dan satin-plated pada beberapa bagian interior.

Bagian dashboard didesain dengan konsep driver oriented cockpit. Dashboard dilengkapi dengan Customizable Digital LED Meter berukuran 7 inci dan layar audio berukuran 10,1 inci dengan koneksi smartphone secara nirkabel. SUV kompak Toyota ini juga dibekali fitur lain berupa wireless charger, Illumination Lamp, Panoramic Glass Roof, Power Back Door dengan Kick Sensor, serta power seat. 

Soal fitur keselamatan, seluruh varian Toyota Yaris Cross sudah dibekali dengan Toyota Safety Sense dan fitur keselamatan pasif berupa Rear Cross Traffic Alert, serta Panoramic View Monitor

Baca Juga: Toyota Luncurkan Yaris GR Sport Facelift di Indonesia

Spesifikasi Mesin

All New Yaris Cross hadir dengan dua pilihan mesin, yakni mesin bensin dan mesin hybrid. Varian bensin konvensional menggunakan mesin 2NR-VE berkapasitas 1.500 cc naturally-aspirated. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 78 kW dengan torsi 138 Nm. Tenaga disalurkan lewat pilihan transmisi manual dan CVT.

Sementara varian hybrid menggunakan mesin 2NR-VEX berkapasitas 1.500 cc dengan tenaga 67 kW dan torsi 121 Nm. Mesin dilengkapi dengan motor listrik dan baterai lithium-ion berdaya 59 kW dengan torsi 141 Nm. Yaris Cross hybrid hanya hadir dalam pilihan transmisi CVT.

Adanya baterai lithium-ion tidak hanya membuat Yaris Cross menjadi lebih irit. Baterai yang tertanam di bawah kendaraan juga mampu meningkatkan stabilitas handling dan performa berkendara.

Pilihan Warna dan Varian

Toyota All New Yaris Cross di Indonesia tersedia dalam varian standar dan hybrid. Mobil ini hadir dengan berbagai pilihan warna, yakni mono-tone, dual-tone, dan premium color. Warna mono-tone meliputi Super White, Silver, Greenish Gunmetal, Altitude Black, dan Dark Red. Pilihan warna dual-tone meliputi Altitude Black Mica + Scarlet, dan Altitude Black Mica + Platinum Pearl White.

All New Yaris Cross juga hadir dengan pilihan warna premium, yakni Scarlet dan Platinum Pearl White. Soal harga, Toyota belum memberikan informasi mengenai harga dari Yaris Cross di Indonesia. Meskipun demikian, Toyota memberikan estimasi kisaran harga diantara Rp300 juta hingga Rp400 juta ke atas dengan pilihan tipe G, S, dan GR Sport.

Sumber gambar: Toyota Indonesia

mobil terkait

Rp 117.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN

Rp 113.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN

Rp 88.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN

Rp 108.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN

Rp 425.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN

Rp 94.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN


Kembali ke atas