Tren Modifikasi Mobil Tua Belum Pupus

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 1 November 2018

Tren Modifikasi Mobil Tua Belum Pupus

Modifikasi Mobil | Mobil Bekas

Dunia otomotif selalu meninggalkan sejarah dalam bentuk masterpiece. Tiap produknya berpeluang menciptakan tren pada masanya, dan banyak orang masih berminat untuk memiliki tren tersebut meski zaman telah berubah. Padahal, memiliki mobil tua effort-nya tinggi, baik dari segi pemeliharaan maupun memperolehnya. Ada yang ingin authentic, ada juga yang ingin mengikuti tren modifikasi mobil tua.

Desain mobil yang sempat menggemparkan pada zamannya (baca: signature), ketangguhan mesin yang melegenda, keunikan mobil yang membawa romansa masa lalu, menjadi sekian alasan para penggemar mobil tua. Ada yang sifatnya general, ada juga membawa alasan pribadi.

Berburu mobil tua idaman seperti berburu harta karun. Meskipun terkadang sudah tidak komplit lagi kondisinya, tetapi tetap ingin melegonya. Berikut 5 alasan kuat penggemar mobil tua berburu mobil tua idamannya versi momobil.id.

Harganya Murah

Sebagaimana barang yang memiliki penyusutan, mobil mengalami hal demikian. Makin tua maka makin terjangkau harganya. Hingga akhirnya orang yang ingin memiliki mobil tersebut dapat membelinya. Setelah memilikinya tinggal mendandani sedemikian rupa agar mobil tampak memikat sesuai budget. Contohnya adalah dengan mengecat ulang, memperbaiki kondisi bodi yang mulai rontok, dan memodifikasi mobil tua agar lebih punya gaya kekinian.

Modelnya Unik

Beberapa contoh mobil tua yang masih dicari karena dengan alasan modelnya unik, dan berdasarkan kesuksesan mobil tersebut mendobrak pasar otomotif pada masanya. Contohnya adalah Honda Civic generasi 5 dan 6, BMW seri 3 E36, atau Peugeot 406. Mobil-mobil ini pada masanya merupakan lambang prestise pemiliknya. Hingga kini bahkan harga mobil tersebut tetap tinggi untuk ukuran mobil tua. Untuk kelas MPV, mobil tua paling diminati adalah Kijang Kapsul dari Toyota.

Nostalgia Atau Bernilai Historis

Kasus pertama, si penggemar mobil tua pernah memilikinya pada masa tersebut dan ingin memilikinya kembali. Kasus kedua, latar-belakangnya pernah ingin memiliki dan belum kesampaian pada masa tersebut hingga akhirnya kemudian hari bisa tercapai. Apalagi jika mobil tua tersebut memiliki nilai historis tersendiri, dan ketika berhasil memilikinya, rasa puasnya tidak ternilai.

Lebih mudah teknologinya

Tidak seperti teknologi mesin mobil saat ini yang sebagian besarnya mengandalkan komputerisasi, teknologi mesin mobil tua punya keunikan di balik keterbatasannya. Penggemarnya akan menilai mesin lawas yang tetap unggul hingga kini sebagai poin plus, bahkan bisa mengatakannya lebih canggih meski tak computerized. Jika ini alasannya, pemilik mobil tua akan mempertahankan mesin dalam bentuk aslinya atau mengembalikannya ke bentuk orisinalnya.

Koleksi

Tak usah dijelaskan lagi jika alasannya ingin mengoleksi, karena berkaitan dengan rasa yang tak mungkin bisa dijelaskan dengan kata-kata. Bicara koleksi, berarti penggemarnya sudah siap lahir dan batin memilikinya, baik effort mencarinya hingga cara merawatnya yang tentunya tak murah.

Memiliki mobil tua cenderung ke rasa bukan lagi dominan logika. Maka, jika mereka bergaya di jalan raya mengendarai mobil tua, rasa percaya diri mereka sedang tinggi-tingginya. Mau mencoba rasanya? Berburu lah mulai sekarang!

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock

mobil terkait

Rp 158.900.000

Individu

BANDUNG

Rp 185.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 225.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 157.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 165.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 255.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas