Tunggu Sampai Lihat Bagian Depan, Fiat Multipla Punya Tampang Tak Biasa

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 10 December 2020

Tunggu Sampai Lihat Bagian Depan, Fiat Multipla Punya Tampang Tak Biasa

momobil.id – Beberapa pabrikan otomotif biasanya menawarkan desain elegan dan mewah guna menarik minat calon konsumen membeli produknya. Namun hal berbeda dilakukan Fiat, yang menawarkan desain anti mainstream pada mobil MPV rakitannya bernama Multipla.

Fiat Multipla berbentuk unik ini merupakan mobil MPV kompak yang diproduksi 1998 hingga 2010. Seperti dilansir kumparan, desainernya adalah Roberto Giolito, yang juga merancang mobil Fiat Panda maupun Fiat 500. Bodinya gemuk dan serba membulat. Dari belakang banyak lengkungan bodi, mulai dari kaca hingga panel pintu ke bumpernya. Sementara dari samping, untuk sebuah MPV kacanya terbilang besar, menyisakan panel pintu yang lebih kecil.

Desain buritan dan samping sebenarnya tidak begitu mengherankan. Tapi beda cerita jika melihat tampangnya, di situlah orang yang melihat pertama kali akan mengernyitkan dahi. Bodi mobilnya juga serba membulat, tapi bertumpuk. Kemudian ada 3 layer lampu, pertama sejajar pilar A, kemudian setingkat kap mesin, dan lampu kabutnya pada bumper.

Fiat Multipla

Yang membuat mobil ini lebih unik lagi adalah bagian depan mobil, ibarat ikan lumba-lumba yang punya moncong alias kap mesin menjorok ke depan. Belum selesai, mari lanjut ke interiornya. Dari foto mungkin Anda berpikiran bahwa mobil punya tiga baris kursi dan mampu menampung hingga delapan penumpang.

Fiat Multipla

Namun ternyata mobil punya dua baris kursi. Masing-masing baris bisa untuk tiga penumpang, sehingga total bisa mengangkut enam penumpang sekaligus. Sebab, jok pengemudi dan penumpang tidak dipisahkan konsol tengah berisi tuas transmisi, rem tangan, maupun boks penyimpanan. Semuanya ditempatkan pada dashboard.

Interior Fiat Multipla

Bagian bawah dashboard Fiat Multipla kosong, sehingga orang yang duduk di tengah bisa tetap selonjoran. Ini lantaran tidak ada gardan yang menonjol karena penggeraknya roda depan. Apabila tidak diisi penuh, sandaran jok tengah bisa difungsikan sebagai separator dan cup holder. Oh iya tak lupa, desain dashboard ternyata juga serba membulat, dari kisi-kisi AC, panel instrumen, serta tombol-tombol yang ada.

Soal dapur pacu, Fiat membenamkan ragam jenis mesin. Pertama mesin bensin, berkapasitas 1.581 cc bertenaga 103 dk dan 144 Nm. Kemudian mesin Diesel 1.910 cc yang menjanjikan beragam output tenaga tergantung tipenya. Ada yang bertenaga 105, 110, 116, dan 120 dk untuk generasi mesin terbarunya.

Baca juga: Lima Tips Berkendara di Sekitar Truk agar Tetap Aman

Kombinasi desain nyeleneh pada eksterior maupun interior pada Multipla, sebenarnya disukai warga Italia, demikian seperti mengutip Wheels. Namun tidak untuk pasar ekspor. Bahkan ketika dijual di Inggris, banyak yang memasang stiker pada kaca belakang yang bertuliskan Tunggu sampai Anda melihat bagian depannya. Fiat rupanya tak menganggapnya sebagai cemoohan, melainkan dianggap sebagai cara mempromosikan mobil tersebut.

Fiat Multipla

Baru pada 2004, Multipla mendapat rombakan dan lahirlah generasi kedua. Desain depannya sudah lebih revolusioner, meruncing seperti MPV kebanyakan. Tapi sayangnya bagian belakang mobil tak berubah banyak. Multipla bisa ditemukan dalam kondisi seken dengan harga 1.390 poundsterling atau sekitar Rp26,2 jutaan.


Kembali ke atas