Turki Kembangkan Mobil Terbang Bernama Cezeri

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 25 September 2020

Turki Kembangkan Mobil Terbang Bernama Cezeri

momobil.id – Melihat jalur darat yang semakin padat, beberapa orang berpikir melewati jalur udara sebagai solusinya. Turki menjadi salah satu negara yang mencoba mengimplementasikan ide tersebut dengan mengembangkan sebuah mobil terbang.

Mobil terbang bernama Cezeri yang dikembangkan di orang-orang lokal Turki itu berhasil mengangkasa dalam uji terbang perdananya. Media lokal menyebutnya sebagai mobil terbang. Tapi, tampilannya seperti sebuah quadcopter yang menyediakan tempat duduk untuk satu orang. ‘Mobil terbang’ ini memiliki kemampuan lepas landas dan mendarat secara vertikal.

Selama uji terbang baru-baru ini, Cezeri diterbangkan beberapa kaki di atas tanah melalui remote control. Direktur Teknik Bayker Makina, Selcuk Bayraktar, selaku produsen mobil terbang ini meyakini butuh waktu 10-15 tahun sebelum Cezeri menjadi alat transportasi umum di Turki. Sebelum itu terjadi, menurutnya akan digunakan untuk tujuan rekreasi di pedesaan dalam 3-4 tahun.

“Setelah mobil pintar, revolusi teknologi otomotif akan terjadi pada mobil terbang. Jadi dari sudut pandang ini, kami sedang mempersiapkan persaingan masa depan, daripada hari ini,” katanya dalam pernyataan yang dilansir AA, seperti dikutip Detik.com.

Baca juga: Hyundai Pamerkan Konsep Taksi Terbang

Adapun Turki bukan satu-satunya negara yang mengembangkan konsep mobil terbang. Jepang dikabarkan membentuk Public-Private Conference untuk mewujudkan mimpi masa depan mobilitas udara.

Seperti dilansir iNews, Public-Private Conference sendiri terdiri dari lembaga pemerintah, universitas, dan perusahaan swasta seperti NEC Corp, Japan Airlines, Subaru, dan uber.

Dari hasil penelitian, ternyata proyek mobil terbang ini sudah tercipta terlebih dahulu dan konsep mobil terbang ini baru di tunjukan kepada publik yang bertempat di fasilitas milik NEC Corp. Dalam waktu sekejap, kendaraan tersebut naik ke langit, membuktikan bahwa mobil yang bisa mengudara bisa menjadi solusi transportasi yang pantas untuk masa depan.

Dilihat dari bentuknya, kendaraaan tersebut lebih menyerupai quadcopter dibanding mobil. Meski begitu, panjang kendaraannya mencapai 3,9 meter dan beratnya sekitar 150 kilogram.

Sumber gambar: hurriyetdailynews.com


Kembali ke atas