Uji Coba Ganjil Genap Jalan Tol Mudik Mulai Berlaku 25 April

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 21 April 2022

Uji Coba Ganjil Genap Jalan Tol Mudik Mulai Berlaku 25 April

momobil.id – Pemerintah sudah memperbolehkan mudik Lebaran tahun ini. Untuk menambah keamanan dan kenyamanan berkendara, pemerintah menerapkan sistem ganjil genap dan one way pada jalan tol. Penerapan sistem untuk mudik ini rencananya akan diadakan mulai 28 April 2022. Namun, akan ada uji coba ganjil genap dan one way di jalan tol yang berlaku pada 25 April 2022.

“Nah satu lagi yang saya usulkan, bahwa ganjil genap kita akan uji coba mulai tanggal 25 April 2022 hari Senin. Ganjil genap itu adalah satu kegiatan one way, tetapi hari tertentu ganjil saja, hari tertentu satu lagi genap saja,” ucap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dilansir dari detikOto.

Baca Juga: Tips Menghemat BBM saat Perjalanan Mudik Lebaran

Untuk penerapan uji cobanya, Pemerintah akan menerapkan ganjil genap dan satu arah pada Tol Dawuan hingga Tol Kalikangkung Semarang. Untuk penerapan dari Jakarta sampai Dawuan akan diberlakukan Contra Flow. Mengingat masih ada orang Karawang dan Bekasi yang mengarah ke Jakarta.

“Secara detail akan ditentukan jaraknya, tapi gambarannya secara detail jadi akan ditentukan, gambaran seperti ini, dari Jakarta sampai Dawuan masih ada Contraflow. Karena ada orang Kerawang orang Bekasi yang ke arah Jakarta. Tetapi dari Dawuan sampai ke Kalikangkung itu satu arah setelah itu normal, dan mengapa kita lakukan itu hari Senin, supaya ini latihan dulu, jadi tidak kagok kalau kata orang Jawa. Jadi pada tanggal delapan sudah siap. Memang ada harapan untuk ditambah lagi (jalur) tapi kita belum diskusikan.” ujar Budi.

Menurut Budi, terdapat tiga titik rawan kemacetan pada jalur mudik. Titik tersebut berada mulai dari KM 44, namun yang paling kritikal ada pada titik KM72. “Sebenarnya titik rawan itu mulai dari KM 44, KM 72 itu kritikal. Itu yang kritikal tetapi mungkin kita supaya mensimplifikasi rekayasa lalu lintas, maka kita bikin simple dari Bekasi sampai Dawuan itu bisa Contraflow Itu minimal mulai tanggal 25 April – 27 April, bisa satu jalur- bisa dua jalur,” tambah Budi.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas