Untung dan Rugi Punya Mobil Double Cabin di Perkotaan

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 28 June 2020

Untung dan Rugi Punya Mobil Double Cabin di Perkotaan

momobil.id – Salah satu mobil yang diminati oleh orang-orang adalah mobil double cabin atau pick up. Mobil ini memang terlihat keren dan dapat digunakan untuk mengakut barang bawaan yang banyak. Tidak heran bahwa saat ini mobil double cabin banyak berkeliaran di jalan perkotaan. Bagi peminat mobil double cabin, tentunya ada untung dan rugi yang perlu dipertimbangkan. Berikut ini adalah untung dan rugi memiliki mobil double cabin, khususnya di perkotaan.

Dibekali Kaki-Kaki yang Kuat

Mobil Double Cabin tentunya dirancang untuk melewati berbagai medan dengan bawaan yang cukup berat. Kaki-kaki mobil double cabin tentunya ciptakan untuk bekerja keras. Suspensi dan kaki-kaki didesain untuk jalan yang hancur dan berlubang, seperti di daerah tambang atau perkebunan. Oleh karena itu, mobil ini bakalan lebih awet untuk digunakan, terutama di jalan perkotaan yang tergolong lebih mulus.

Daya Angkut Besar

Salah satu kelebihan mobil double cabin terdapat pada bagian bak pick up nya. Bak dalam mobil double cabin dapat menampung lebih banyak barang dibanding dengan mobil lain. Apabila pemilik mobil hendak membawa peralatan besar, pemilik mobil dapat mengangkutnya pada bak mobil. Selain itu, mobil double cabin juga dapat disewa untuk mengangkut barang orang lain yang membutuhkan.

Kenyamanan Mobil Double Cabin

Selain dipakai untuk mobil usaha, mobil double cabin juga nyaman untuk dipakai sehari-hari. Kenyamanan dan suspensi dari mobil double cabin bisa dikatakan lebih baik dibanding mobil penumpang. Mobil double cabin tentunya memiliki fitur yang banyak yang didesain untuk melewati segala medan. Tentunya kumpulan fitur pada mobil double cabin dapat membuat mobil nyaman dikendarai.

Baca Juga : Bisa Jadi Genset! Cek Spesifikasi dan Fitur Toyota Harrier Generasi Keempat

Dimensi yang Besar

Salah satu kekurangan dari mobil Double Cabin adalah bodi mobil dengan dimensi yang cukup besar. Sebagian mobil Double Cabin bahkan memiliki dimensi lebih besar dibanding mobil SUV. Pengemudi mobil Double Cabin tentunya akan sulit mengemudi mobil ini di perkotaan, khususnya di jalan-jalan kecil atau gang.

Uji KIR Setiap 6 bulan Sekali

Kekurangan lain dari memiliki mobil Double Cabin adalah keharusan uji KIR setiap 6 bulan sekali. Uji KIR sendiri wajib dilakukan kendaraan niaga untuk menghindari kecelakaan lalu lintas. Pengujian ini umumnya meliputi kegiatan pemeriksaan, pengujian fisik mobil, dan pengesahan hasil uji. Untuk menguji KIR ini juga tidak gratis. Pemilik mobil harus mengeluarkan biaya kembali diluar pajak tahunan untuk uji KIR. Hal ini tentunya cukup merepotkan bagi sebagian pemilik mobil Double Cabin.


Kembali ke atas