Usung Mesin yang Sama Seperti di Indonesia, KIA Carnival Resmi Meluncur di Thailand

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 3 December 2020

Usung Mesin yang Sama Seperti di Indonesia, KIA Carnival Resmi Meluncur di Thailand

momobil.id – KIA Carnival atau dikenal dengan nama Grand Sedona di Indonesia telah resmi meluncur di Thailand. Menjadi negara pertama yang mendapat Carnival versi setir kanan, mobil ini memiliki kap mesin lebih panjang dibanding pendahulunya.

Untuk bagian fascianya, seperti dilansir OtoDriver, model ini kini mengusung bahasa desan ‘tiger nose’. Perpaduan grill yang futuristik serta lampu utama LED yang minimalis membuat mobil ini tampil begitu futuristik.

Sementara di bagian belakangnya, terdapat stoplamp yang membentang dari ujung kiri ke ujung kanan. Emblem nama model diletakkan di bagian bawah pintu bagasi.

Untuk fiturnya, mobil ini hadir dengan headunit touchscreen 12,3 inci, wireless charging ,Speaker Bose, kursi pendingin dan pemanas, dual sunroof, 6 buah USB port, Remote One-touch Power Door & Liftgate, Smart Power Sliding Door, Power Tailgate. Sementara untuk fitur keselamatannya tersediia mulai dari Forward Collision Avoidance Assist, Smart Cruise Control, Blind Spot Assist, Lane Following Assist, Rear Cross Traffic Assist, Safe Exit Assist, dan kamera 360 derajat.

Untuk mesinnya, KIA Carnival ini serupa dengan milik Grand Sedona yang ada di Indonesia. Yakni mesin diesel berkapasitas 2.200 cc 4 silinder dengan tenaga mencapai 202 dk serta torsi 441 Nm serta berpadu dengan transmisi otomatik 8 percepatan.

Adapun KIA Carnival terbaru memiliki julukan sebagai Grand Utility Vehicle yang dirancang untuk menarik keluarga muda progresif melalui kombinasi inovasi, ruang, fleksibilitas, dan gaya. Dengan julukan tersebut, Kia Carnival menawarkan ruang yang lapang serta menawarkan ruang dan efisiensi lebih besar dari pendahulunya, bahkan terhadap semua pesaing di segmen minivan saat ini.

Secara dimensi, Kia membuat body Carnival terbaru menjadi lebih bongsor yakni 5.155 x 1.995 x 1.130 mm (PxLxT) atau melebar 10 mm, memanjang 40 mm dan lebih tinggi 30 mm. Perlakuan sama diterapkan pada jarak sumbu roda yang melar 30 mm atau menjadi 3.090 mm. Seperti dilansir Liputan6.com, hal ini tentu berdampak pada kelapangan kabin, makin nyaman terutama untuk penumpang buritan dan ruang bagasi lebih akomodatif.

Baca juga: Tertarik Beli Mobil Mr. Bean? Periksa Tiga Hal Ini

Tengok saja kapasitas angkut barang, ketika jok baris ketiga ditegakkan, tersedia 627 liter kargo. Bila bangku tengah dan paling belakang diratakan, langsung melejit 2.905 liter. Akses ke area bokong juga dimudahkan, lantaran ketinggian lantai dengan permukaan tanah direndahkan 26 mm (640 mm). Unit tersedia dalam dua konfigurasi tempat duduk. Setelan delapan penumpang menjadi standar, sementara captain seat di tengah berupa opsional.


Kembali ke atas