Perbedaan Teknologi VVT-i dan Dual VVT-i yang Perlu Kamu Ketahui

Ditulis oleh : Syah Rezi Tungga Dewi

03 Oct 2019

momobil.id - Tulisan VVT-i dan Dual VVT-i sering dijumpai di bagian mesin beberapa mobil keluaran Toyota. Namun sebenarnya, apa sih VVTI dan Dual VVTI itu? Lantaran belum semua orang mengetahui secara pasti apa perbedaan kedua teknologi tersebut, berikut penjelasan selengkapnya.

VVT-i adalah singkatan dari Variable Valve Timing with intelligence. Teknologi VVT-i pada dasarnya adalah sebuah sistem untuk mengatur kerja katup elektronik dan emisi yang keluar seefisien mungkin. Pendahulu mesin VVT-i ialah VVT yang sudah lama ditinggalkan oleh Toyota. Mesin VVT-i menggantikan teknologi Toyota VVT yang mulai diterapkan pada tahun 1991 di Toyota 4A-GE mesin lima silinder.

Di Indonesia, mesin VVT-i ditanam dalam mobil Toyota Vios (2003), Toyota Corolla Altis (2004), Toyota Kijang Innova (2004), Toyota Avanza S VVT-i (2005), dan Toyota Fortuner (2005).

VVT-i diklaim memiliki beberapa kelebihan dalam kinerjanya yaitu mengoptimalkan torsi mesin pada semua kecepatan dan membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien sekaligus mengurangi emisi serendah mungkin. Dengan demikian, tenaga yang dihasilkan lebih besar meskipun mesin berkapasitas kecil.

Dari segi komponen, VVT-i terdiri dari tiga komponen utama, antara lain unit kontrol elektronik (ECU) yang menghitung timing katup masuk secara optimal berdasarkan kondisi operasi mesin, katup kontrol oli (OCV) yang mengontrol tekanan hidrolik di bawah instruksi ECU, dan katrol VVT yang secara terus-menerus mengubah timing katup masuk menggunakan tekanan hidrolik.

Cara kerjanya cukup sederhana. Untuk menghitung waktu pembukaan dan penutupan katup (valve timing) yang optimal, ECU menyesuaikan kecepatan mesin, volume udara masuk, dan posisi throttle (akselerator). Perhitungan ini disesuaikan dari pedal gas dan beban mesin. 

Sementara Dual VVTI merupakan versi pembaruan dari VVTI. Di Indonesia, Dual VVT-i diterapkan pertama kali pada Toyota Corolla Altis tahun 2010 silam. Pada Dual VVT-i komponen exhaust valve juga telah dilengkapi pengatur waktu bukaan katupnya. Dalam satu mesin terdapat dua buah aktuator VVT-i yang bekerja secara independen. Oleh sebab itu disebut dual karena jumlahnya sepasang.  Sehingga proses pembakaran menjadi lebih sempurna dan semakin ramah lingkungan serta efisien dalam konsumsi bahan bakar dibandingkan dengan pendahulunya yaitu VVT-i.

Sumber gambar: Wikipedia

  • Featured Article
  • Mobil Toyota
  • Toyota
  • teknologi vvti
  • dual vvti

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

JAKARTA PUSAT

2019
Manual

114 juta

2,505,000 jutaan/bln

JAKARTA PUSAT

2019
Manual

225 juta

3,039,000 jutaan/bln

JAKARTA PUSAT

2019
Manual

196 juta

3,023,000 jutaan/bln

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More