Waduh Waduh! Jok Mobil Masih Pakai Fabric Ketumpahan Kopi, Gimana Membersihkannya?

Ditulis oleh : Helen Birgitta

30 Aug 2019

momobil.id - Pemilik mobil yang mempunyai jok mobil fabric pasti sering mengeluh karena jok mobilnya lebih mudah kotor, kusam, dan menimbulkan bau yang tidak sedap seiring waktu pemakaian.

Hal ini tak mengherankan lantaran bahan fabric adalah salah satu bahan dasar pelapis mobil yang cukup nyaman namun rentan terhadap kotoran seperti debu atau cairan. Kotoran ini juga bisa berasal dari remahan makanan, tumpahan makanan, minuman dan sebagainya.

Bau tidak sedap yang dikeluarkan oleh jok berbahan fabric dikarenakan adanya kotoran yang bercampur bakteri dan mengendap terlalu lama. Sebenarnya, bagian interior mobil adalah bagian yang tertutup dan jauh lebih bersih, daripada bagian eksterior atau bodi mobil karena terkena debu polusi setiap berkendara. Tetapi bagian interior mobil yang sering bersentuhan dengan pengemudi dan penumpang juga dapat berisiko lebih tinggi, apalagi tidak adanya kesadaran pemilik mobil atau tidak telaten dalam membersihkannya.

Perlu diingat, jok mobil berbahan fabric lebih mudah kotor dibandingkan dengan jok kulit. Jadi, pemilik mobil harus melakukan perawatan setidaknya sebulan sekali untuk jok yang menggunakan bahan ini.

Cara paling mudah dan praktis membersihkan jok fabric adalah dengan membawanya ke salon mobil sekaligus merawat bagian lain pada interior mobil. Namun jika kamu enggan merogoh kocek atau memang hanya ingin membersihkan bagian jok, kamu juga bisa melakukannya sendiri di rumah. Berikut adalah tip membersihkan jok berbahan fabric:

  1. Untuk membersihkan kotoran ringan seperti bekas minuman soft drink, cukup dibersihkan dengan menggunakan cairan pembersih interior biasa. Namun jika jok ketumpahan kopi, kuah makanan, atau cairan lainnya, maka sebaiknya gunakan cairan multiwash yang sanggup mengangkat kotoran.
  2. Untuk membersihkan sisa-sisa kotoran atau debu, sikat jok terlebih dahulu lalu dilanjutkan menggunakan vaccum cleaner. Penggunaan vacuum cleaner juga dapat membantu menghilangkan kotoran dari celah sempit.
  3. Semprotkan cairan pembersih interior secara merata di jok.
  4. Sikat seluruh permukaan sampai berbusa.
  5. Lap dengan kain chamois untuk proses pengeringan.
  6. Saat membilas sisa kotoran, gunakan kain kering. Bersihkan permukaan mengikuti alur jok.
  7. Terakhir, gunakan kembali vacuum cleaner untuk menghilangkan kotoran dari proses pembersihan tadi.

Sumber gambar: Yogibou

  • Tips & Trik (Display)
  • Jok Mobil
  • jok kulit.
  • jok mobil fabric
  • membersihkan jok mobil

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

BANJAR

2009
Otomatis

106 juta

BANJAR

2018
Manual

176 juta

BANJAR

2011
Otomatis

86 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More