Wajah Baru Toyota Sienta 2023, Ada Varian Hybrid

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 25 August 2022

Wajah Baru Toyota Sienta 2023, Ada Varian Hybrid

momobil.id – Setelah 5 tahun generasi kedua melenggang, Toyota Motor Corporation akhirnya merilis wajah baru dari Toyota Sienta. Generasi ketiga dari MPV Toyota ini berubah total dari versi sebelumnya. Toyota Sienta 2023 kini sudah menggunakan platform TNGA versi GA-B.

Dimensi yang Tidak Berubah Jauh

Platform TNGA-B yang digunakan oleh Toyota Sienta 2023 diklaim membuat kabin lebih lapang dan nyaman. Meskipun demikian, dimensi MPV ini tidak berubah jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Secara dimensi, Sienta anyar memiliki panjang 4.260 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.695 mm. Toyota juga mengubah ketinggian buka pintu dari Sienta baru menjadi 1.200 mm sehingga akses penumpang belakang menjadi lebih mudah.

Tampilan Eksterior dari Toyota Sienta

Dari segi desain eksterior, generasi ketiga Sienta memiliki tampilan dengan konsep “Shikakumaru“. Elemen desain tersebut sebagian besar berupa lingkaran dan kotak. Hal ini tentu membuat Sienta lebih terlihat kompak dan minimalis.

Pada fasia depan, lampu utama dibuat membulat didampingi dengan lampu DRL dan sein. Sementara pada bagian belakang, terdapat kombinasi lampu-lampu kecil berbentuk bulat serta lampu rem berwarna merah yang disusun vertikal pada kedua sisi.

Baca Juga: Alasan Mempertimbangkan Toyota Sienta Ketika Memilih Mobil Bekas

Kabin Lapang dengan Material Berkualitas

Masuk ke dalam interior Sienta, penumpang disambut dengan kabin yang lapang. Panel instrumen terlihat lebih ramping dengan balutan material fabric pada beberapa sisi. Material fabric pada Sienta sudah dilapis dengan penghilang bau, anti air, dan minyak sehingga mudah dibersihkan. Interior dari Sienta juga mengusung perpaduan antara tiga warna yang mampu membuat kabin lebih nyaman.

Dalam sektor kenyamanan, Sienta dilengkapi dengan sirkulator udara yang terpasang pada atap. Mobil ini juga disematkan sunshade pada bagian pintu geser. Tinggi pintu geser dari Sienta bertambah 15 mm dan bagasi sebesar 20 mm. Hal ini tentu membuat akses masuk dan keluar penumpang serta barang menjadi lebih mudah.

Fitur Keselamatan Toyota Sienta

Dari segi fitur keselamatan, Sienta terbaru sudah dibekali dengan Toyota Safety Sense (TSS). Adapun fitur TSS pada Sienta seperti Pre-Collision Safety System dan Proactive Driving Assist. MPV kompak ini juga dibekali fitur Advance Park untuk memudahkan saat parkir.

Spesifikasi Mesin Sienta 2023

Di Jepang, Toyota Sienta hadir dengan dua pilihan mesin, yaitu mesin bensin konvensional dan mesin hybrid. Untuk mesin bensin, mobil ini ditenagai dengan mesin M15A-FKS 1.5 liter. Mesin dikawinkan dengan transmisi CVT 1o percepatan Sport Sequential Shiftmatic. Dengan mesin bensin, Sienta diklaim memiliki konsumsi BBM 18,3 km/liter. Untuk tipe bensin hanya tersedia dalam penggerak 2WD.

Sementara itu untuk mesin hybrid, Sienta ditenagai oleh mesin M15A-FXE berkapasitas 1,5 liter. Mesin dikombinasikan dengan sistem hybrid milik Toyota dengan konsumsi BBM yang lebih efisien, yaitu 28,8 km/liter. Tipe Sienta dengan mesin hybrid dilengkapi dengan penggerak E-Four.

Di Jepang, Toyota Sienta dibanderol mulai dari 1.950.000 yen atau setara dengan Rp211 juta. Toyota Sienta juga akan tersedia dalam konfigurasi 5-seater dan 7-seater.

Sumber gambar: carscoops

mobil terkait

Rp 295.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 622.900.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 346.700.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 324.000.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA


Kembali ke atas