Washer Wiper Mobil Tersumbat? Begini Solusi Mengatasinya

Ditulis oleh : admin | 16 February 2022

Washer Wiper Mobil Tersumbat? Begini Solusi Mengatasinya

momobil.id – Pengemudi mobil sering menggunakan wiper saat musim hujan agar visibilitas menjadi lebih jelas. Ketika hujan turun, tentunya kaca menjadi kotor dan banyak kotoran yang menempel. Hal ini dapat membuat kaca menjadi buram dan perlu dibersihkan oleh nosel washer wiper. Sayangnya, komponen ini terkadang sering dihiraukan oleh pemilik mobil, sehingga tidak berfungsi secara maksimal. Salah satu permasalahan yang terjadi pada washer wiper adalah nosel yang mampat. Bagaimana solusi mengatasi nosel washer wiper mobil yang tersumbat?

Arah air yang tidak sesuai seringkali membuat sapuan wiper menjadi kurang efektif. Biasanya, nosel washer wiper tersumbat oleh kotoran. Untuk menjaga fungsi nosel washer wiper tetap normal, pemilik mobil tidak perlu melakukan penanganan khusus. Salah satu solusi untuk mengatasi washer wiper mobil yang tersumbat adalah dengan menggunakan jarum atau peniti. Jarum dan peniti dapat digunakan untuk mencegah kotoran mengendap. Hal ini juga dibenarkan oleh Yipno selaku pemilik Bengkel Putra Mitra Pondok Pinang.

Baca Juga: Ini Sebabnya Mengapa Perlu Mengangkat Wiper Kala Parkir di Ruang Terbuka

“Untuk menjaga fungsinya tetap normal, Anda tidak perlu melakukan penanganan khusus. Karena yang penting, nosel washer harus sering digunakan untuk mencegah kotoran yang mengendap,” jelas Yipno dilansir dari otodriver.com.

Selain untuk membersihkan kotoran yang mengendap, jarum dan peniti juga dapat digunakan untuk mengatur arah semprotan air. Caranya adalah dengan mengarahkan air ke bagian tengah kaca pada masing-masing sisi. Hal ini tentunya dapat memudahkan kotoran untuk tersapu merata dengan wiper blade.

Pemilik mobil juga bisa menguras tabung reservoir agar semprotan cairan wiper dapat optimal. Disamping itu, pemilik mobil juga bisa menggunakan cairan pembersih lumut untuk membersihkan tabung reservoir. Hal ini dilakukan untuk membersihkan pengendapan lumut yang menempel pada bagian tabung reservoir.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas