Gawat! Ini 4 Tanda Ban Mobil Harus Diganti

Ditulis oleh : admin | 2 March 2017

Gawat! Ini 4 Tanda Ban Mobil Harus Diganti

Faktor apa sih yang membuat berkendara mobil jadi berbahaya? Tentunya banyak sekali. Dari mulai kondisi pengendara, mesin mobil, jalanan, hingga kondisi ban mobil. Begitu banyak penyebab kecelakaan yang terjadi karena hal-hal sepele yang seharusnya bisa ditanggulangi. Sebut saja dalam hal kesiapan kendaraan mobil, contohnya ban. Banyak yang menyepelekan kondisi ban mobil sehingga banyak pengendara yang tidak tahu bahwa ban harus diganti. Padahal sebagai pengendara yang mementingkan keselamatan, kita wajib mengetahui tanda ban mobil harus diganti.

Baca Juga : Cara Mengetahui Kondisi Umur Ban Motor

Tanda ban mobil harus diganti
Source: bridgestone.co.id

Ada ciri-ciri kuat yang bisa diketahui secara mudah ketika ingin mengetahui tanda ban mobil harus diganti. Ciri-ciri ini bisa dilihat oleh orang awam, tidak harus oleh orang yang mengerti otomotif. Dengan melihat tanda-tanda ban mobil ini, tentu Anda akan jadi tahu kapan bagusnya ban mobil harus diganti. Apa sih tanda-tandanya? Yuk cek di sini :

1. Permukaan ban mobil

Source: kompas.com

Anda tahu kan dengan alur ban mobil? Yang berfungsi agar ban tidak licin saat dipakai berkendara, terlebih lagi ketika hujan. Nah, Anda harus selalu memperhatikan alur ban ini, jika sudah mulai menipis dan datar, maka itu adalah tanda ban mobil harus diganti. Apa sih penyebabnya jika Anda membiarkan ban mobil botak yang tidak ada alurnya? Ban mobil jadi cepat bocor, bisa terjadi selipan saat berkendara, dan bagian terburuknya adalah ban mobil botak bisa pecah ketika sudah terlalu panas di jalanan.

2. Ban mobil ada benjolan

Source: autobild.co.id

Pasti Anda sudah sering melihat benjolan di ban mobil. Tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya hal itu berbahaya? Sebab benjolan ban mobil akan memancing ban untuk meledak jika terus digunakan dalam kondisi yang panas. Mengapa ban mobil bisa benjol? Bisa jadi karena pengaturan angin ban yang tidak sesuai atau karena ada ban terlalu bergesek dengan plat mobil. Nah, jika ban mobil Anda ada benjolan maka hal itu adalah tanda ban mobil harus diganti. Untuk itu tidak ada salahnya Anda menyempatkan waktu untuk memeriksa keseluruhan ban.

3. Ban mobil retak

Source: carmudi.co.id

Jika tidak ada benjolan atau alur ban mobil masih ada, namun ada retakan pada ban maka Anda perlu memeriksakan hal ini ke bengkel. Retakan juga bisa terjadi karena adanya suhu tinggi saat menggunakan mobil. Tidak hanya itu, retakan juga terjadi karena pergantian cuaca yang begitu ekstrim sehingga membuat ban mobil jadi lebih rapuh, terkelupas, hingga terbentuknya retakan. Nah, untuk itu hal ini juga bisa jadi tanda ban mobil harus diganti. Anda bisa cek sendiri dan membawanya ke bengkel untuk mendapatkan informasi yang lebih tepat dari ahlinya.

4. Indikator TWI

tanda ban mobil harus diganti
Source: Kaskus

Jika Anda teliti dalam memerhatikan ban mobil, maka Anda akan menyadari indikator TWI pada ban mobil Anda. Indikator TWI (Tread Wear Indicator) adalah tanda ban mobil harus diganti atau tanda dimana untuk memastikan apakah ban mobil Anda masih dalam kondisi terbaiknya atau tidak. Untuk melihat indikator TWI ini Anda dapat mengecek pada setiap ban mobil manapun dan dapat dilihat di bagian tepi dan bagian tengah. Untuk di bagian tepi, indikator TWI biasanya berbentuk segitiga, sedangkan indikator TWI pada bagian tengah umumnya berbentuk tonjolan.

Itulah 3 tanda ban mobil harus diganti yang bisa Anda kenali dengan mudah. Dengan tingkat kewaspadaan dan disiplin, tentu Anda bisa mencegah terjadinya hal berbahaya di jalanan. Jadilah pengendara yang cerdas dengan mengetahui informasi tentang mobil yang cukup mumpuni dan praktis. Jangan lupa pastikan tekanan udara ban mobil Anda pada tekanan yang udara cukup. Yuk berkendara aman!

mobil terkait

Rp 115.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 92.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 127.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 100.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 110.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 102.000.000

Individu

SEMARANG

One thought on “Gawat! Ini 4 Tanda Ban Mobil Harus Diganti”

  1. Pingback: Inside Helmet

Comments are closed.


Kembali ke atas