Waspada! Ini 5 Aksesoris Berbahaya yang Berada di Dalam Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 31 May 2020

Waspada! Ini 5 Aksesoris Berbahaya yang Berada di Dalam Mobil

momobil.id – Pengemudi membutuhkan keahlian dan konsentrasi yang penuh selama mengendarai mobil. Konsentrasi mengemudi tentunya akan buyar ketika ada yang menghlanagi atau membahayakan. Salah satu yang membuat kenyamanan dan konsentrasi berkendara hilang adalah penempatan aksesoris mobil. Ada beberapa aksesoris barang yang harusnya tidak ditaruh di dalam mobil dan berpotensi berbahaya. Berikut adalah aksesoris mobil yang berpotensi berbahaya jika ditaruh di dalam kabin mobil.

Gantungan di Spion Tengah

Kebiasaan yang sering dilakukan oleh pengemudi adalah menggantung barang pada spion bagian tengah. Biasanya, pengemudi menggantung pajangan, kartu identitas, parfum, atau benda lainnya. Hal ini tentu akan mengganggu pandangan dan konsentrasi dari pengemudi. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak menggantungkan barang apapun pada spion tengah.

Barang yang Ditaruh Di Atas Dashboard

Kebiasaan lain yang sering dilakukan oleh pengemudi adalah menaruh barang di atas dashboard. Barang – barang tersebut antara lain kotak tissue, boneka, parfum, atau topi. Hal ini tentunya tidak disarankan karena dapat mengganggu pandangan dan konsentrasi mengemudi. Ketika mobil mengalami guncangan, otomatis barang yang berada di atas dashboard akan terguncang atau terjatuh. Tentunya hal ini sangat mengganggu pengemudi.

Knob Setir

Penggunaan knob setir biasanya hanya digunakan oleh kendaraan forklift. Hal ini dikarenakan forklift menggunakan sistem kemudi roda belakang yang berbeda dengan mobil. Dengan knob stir, pengemudi dapat melakukan gerakan kemudi dengan lancar. Namun, untuk penggunaan pada mobil, knob setir bisa berpotensi berbahaya. Apabila mobil mengalami benturan, knob setir dapat berakibat fatal bagi pengemudi.

Baca Juga : Kenali Cara yang Tepat Menghidupkan Mesin Mobil

Buzzer Sabuk Pengaman

Pengemudi kendaraan tidak disarankan untuk menambahkan aksesoris yang berhubungan dengan sabuk pengaman dan bukan rekomendasi pabrikan. Gunakan sabuk pengaman sebagaimana mestinya. Kebanyakan orang malas untuk memakai sabuk pengaman, sehingga mereka mencari berbagai cara agar menghentikan peringatan penggunaan sabuk pengaman. Hal ini tentu saja berbahaya bagi keselamatan pengemudi.

Barang yang Mudah Meledak

Kerap kali pengemudi membawa barang yang berpotensi meledak di dalam mobil. Barang-barang tersebut seperti power bank, pembersih, korek api, atau sebagainya. Apabila barang – barang tersebut dibiarkan terkena panas dalam kabin, maka akan berpotensi meledak dan terbakar. Oleh karena itu, sebaiknya hindari menaruh barang yang mudah terbakar di dalam mobil.



Kembali ke atas