Waspada! Ini Bagian Mobil yang Paling Mudah Berkarat

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 11 April 2022

Waspada! Ini Bagian Mobil yang Paling Mudah Berkarat

momobil.id – Setiap orang tentu ingin kondisi kendaraannya tetap mulus dan terawat. Namun, kondisi lingkungan yang ekstrim tentu membuat masalah pada bodi mobil. Permukaan jalan yang basah, hujan, panas, bahkan banjir tentunya sudah menjadi hal yang dialami oleh alat transportasi. Salah satu permasalahan yang sering terjadi adalah timbulnya karat pada beberapa bagian mobil. Hal ini terjadi karena mobil terdiri dari beberapa komponen yang bermaterial besi. Lantas, apa saja bagian mobil yang mudah berkarat?

Bagian Kolong Mobil

Kolong mobil merupakan salah satu bagian mobil yang mudah berkarat. Pada bagian kolong mobil terdapat beberapa komponen seperti kaki-kaki mobil seperti shockbreaker, rem, dan pipa-pipa yang terbua dari besi. Bagian ini seringkali bersinggungan dengan air hujan dan lumpur. Proses oksidasi pada bagian yang terkena dengan air hujan tentu akan lebih cepat dan dapat menimbulkan karat. Oleh karena itu, untuk mencegah hal ini, ada baiknya bagian kaki-kaki dan kolong dibilas menggunakan air dengan tekanan. Selain membersihkan air hujan, air bertekanan juga dapat membersihkan pasir yang menempel pada kolong mobil.

Ruang Mesin dan Kap Mobil

Cipratan air hujan ke dalam ruang mesin dapat berpotensi membuat genangan. Hal ini dapat berpotensi timbulnya karat apabila mesin tidak dibersihkan dengan baik. Oleh karena itu, agar mesin terhindar dari karat, sebaiknya pemilik mobil perlu hati-hati dalam membersihkan komponen mesin. Bersihkan komponen mesin menggunakan lap dan hindari menggunakan air bertekanan. Hal ini berpotensi menyebabkan masalah pada komponen kelistrikan pada mesin.

Baca Juga: Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Mobil Karatan

Knalpot Mobil

Layaknya bagian kolong mobil, bagian knalpot juga rentan terkena karat. Knalpot menjadi landasan kotoran dan debu jalanan. Bagian ini juga bisa terkena air, khususnya saat banjir. Apabila bagian knalpot tidak dibersihkan, maka komponen ini mudah berkarat.

Bekas Goresan pada Bodi Mobil

Penyebab mobilGoresan pada bodi mobil membuat lapisan pelindung pada mobil bisa hilang. Lapisan pelindung yang terkelupas ini dapat membuat bodi mobil berkarat, apalagi ketika terkena air. Apabila pemilik kendaraan tidak mengatasi hal ini secara langsung, maka karat yang timbul semakin parah.

Lubang Baut pada Velg

Velg merupakan salah satu bagian yang sering terkena cipratan air pada permukaan jalan. Pada velg terdapat lubang baut. Lubang baut pada velg berpotensi terkena karat, karena air seringkali terjebak pada bagian ini. Salah satu solusi untuk mencegah oksidasi pada lubang baut adalah membersihkan dengan cairan anti karat.

Bekas Aksesoris

Copotan bekas aksesoris biasanya akan meninggalkan bekas pada cat mobil. Apabila terkena air, area di sekitar copotan aksesoris akan menyebabkan karat. Oleh karena itu, pemilik mobil harus memperhatikan area bekas pemasangan aksesoris ini. Disarankan untuk menyemprot cairan anti karat secara rutin pada bagian rawan karat.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas