Waspada! Ini Tanda Kampas Rem Mobil Habis

Ditulis oleh : admin | 22 May 2017

Waspada! Ini Tanda Kampas Rem Mobil Habis

momobil.id - Punya mobil bekas tentu harus mengetahui segala macam mengenai mobil, baik cara membersihkannya, cara merawat mesin, cara mengganti ban, hingga cara mengetahui kampas rem mobil habis. Nah, banyak orang yang jarang mengetahui tanda kampas rem mobil habis sehingga pada akhirnya sering terjadi kecelakaan karena rem mobil tidak berjalan seperti biasanya. Tahukah Anda jika 80% kecelakaan mobil terjadi karena kurangnya perawatan sehingga hal ini menimbulkan resiko yang besar terhadap pengemudi dan pengendara.

Baca Juga : Penting! 5 Perawatan Radiator Mobil Ini Wajib Anda Lakukan

Rem mobil adalah salah satu instrumen utama yang harus Anda perhatikan saat memiliki mobil bekas yang baru saja dibeli. Mengapa seperti itu? Sebab jika kita tidak mengetahui tanda kampas rem mobil habis, tentu rem jadi tidak pakem pada saat-saat yang tidak bisa ditebak. Apalagi jika Anda sedang dalam perjalanan, jika kampas rem mobil habis secara tiba-tiba akan membahayakan nyawa Anda. Maka dari itu penting untuk tahu tanda kampas rem mobil habis. Bagaimana sih cara mengetahuinya? Kami telah merengkumnya untuk Anda.

Rem mobil berbunyi

Pasti Anda sering kan mendengar bunyi rem mobil orang ketika sedang dijalan? Nah, itu adalah tanda kampas rem mobil habis. Biasanya rem mobil akan terdengar seperti gesekan logam. Mengapa seperti gesekan logam? Karena ketika kampas rem mobil habis, maka yang tersisa hanya logam rem yang bergesekan dengan cakram sehingga akan memunculkan suara tersebut. Jika mobil Anda mulai memunculkan suara besi tersebut, sudah saatnya Anda mengganti kampas rem mobil yang sudah mulai habis.

Pijakan rem semakin dalam

Ketika Anda menginjak pedal rem dan terasa dalam, maka sudah dipastikan hal tersebut merupakan tanda kampas rem mobil habis. Nah, jika kedalaman pijakan rem sudah terlalu dalam dan jauh dari jangkauan kaki, maka sebaiknya Anda ke bengkel dan menggantinya dengan kampas rem yang baru agar rem mobil kembali pakem ketika digunakan dalam perjalanan Anda.

Minyak rem turun

Anda juga bisa mengetahui tanda kampas rem mobil habis dengan memeriksa volum minyak rem yang terdapat pada kap mobil. Jika minyak rem sudah semakin sedikit, maka sudah dipastikan kampas rem mobil Anda telah habis dan segeralah menggantinya dengan yang baru.

Itulah 3 tanda kampas rem mobil habis yang bisa Anda ketahui secara mudah. Dengan ciri-ciri di atas, tentu Anda akan lebih sadar akan perawatan salah satu komponen mobil yang sangat penting, yakni rem. Dengan begitu Anda akan terhindar dari berbagai macam resiko kecelakaan dan aman ketika dalam perjalanan.

mobil terkait

Rp 245.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 140.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 175.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 303.000.000

Individu

DEPOK

Rp 305.000.000

Individu

DEPOK

Rp 155.000.000

Individu

DEPOK


Kembali ke atas