Waspada Saat Berkendara, Kenali Batas Kekuatan Ban Mobil

Ditulis oleh : admin | 1 March 2022

Waspada Saat Berkendara, Kenali Batas Kekuatan Ban Mobil

momobil.id – Ban merupakan komponen paling vital pada kendaraan bermotor. Komponen ini bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Tentunya, setiap ban mobil memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Salah satu kemampuan ban mobil adalah dalam hal melibas kecepatan di jalan. Oleh karena itu, pemilik mobil perlu memahami batas kekuatan dan kemampuan ban agar lebih aman saat berkendara.

Setiap mobil tentunya memiliki kode khusus yang menginformasikan batas kemampuan atau kekuatan ban yang digunakan. Dalam hal ini, kekuatan dan kemampuan ban tersebut merupakan batas kecepatan maksimum dan beban maksimum. Batas kemampuan ini sebenarnya sudah tercantum pada dinding ban. Untuk memeriksa batas kecepatan maksimum, pengemudi dapat melihat tabel speed index. Sementara untuk melihat batas beban maksimum suatu ban, dapat dicek pada bagian tabel load index. Direktur Pelatihan The Real Driving Center, Marcell Kurniawan mengatakan bahwa setiap ban memiliki speed index masing-masing.

Baca Juga: Ini yang Bikin Ban Mobil Cepat Botak, Ada yang Jadi Kebiasaan Kamu?

“Nah, setiap mobil sesuai kemampuannya pabrikan sudah menyesuaikan ban dengan spesifikasi seperti speed index apa yang cocok untuk kemampuan setiap mobil,” ujar Marcell dilansir dari Kompas.com

Untuk mengetahui speed index dan load index pada ban mobil cukup mudah. Pemilik mobil dapat melihat dua kode terakhir yang tertera pada ban mobil. Load index menggunakan kode angka dua digit. Sementara untuk speed index menggunakan kode huruf. Sebagai contoh, kode yang tertera pada ban mobil adalah 175/65 R14 82H. Maka, kode load index pada ban mobil tersebut adalah 82, sedangkan kode speed index adalah H. Berikut ini adalah tabel load index dan speed index.

Tabel Speed Index dan Load Index Ban Mobil (sumber: Kompas.com)

Kode pada ban mobil ini penting diketahui oleh setiap pemilik mobil. Dengan kode ini, pemilik mobil dapat paham tentang batas kemampuan dari ban mobil, sehingga menghindari terjadinya ban yang bermasalah atau ban pecah.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas