Ini Sebabnya Mengapa Perlu Mengangkat Wiper Kala Parkir di Ruang Terbuka

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 1 January 2022

Ini Sebabnya Mengapa Perlu Mengangkat Wiper Kala Parkir di Ruang Terbuka

momobil.id – Jika memperhatikan beberapa pemilik mobil, ada yang sengaja mengangkat batang wiper agar tidak menyentuh kaca ketika kendaraannya diparkir di luar ruangan dalam cuaca yang cukup terik. Sebenarnya, apa alasan mengangkat wiper ketika parkir di luar ruangan?

Bukan tanpa alasan, mengangkat wiper ketika parkir di luar ruangan dianggap dapat membuat karet jadi lebih awet. Benarkah anggapan ini? Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna membenarkan kebiasaan mengangkat wiper tersebut. Sebab, ketika mobil sedang dijemur di bawah panasnya matahari, kaca akan menyerap panas.

“Benar, kenapa bisa lebih awet, karena saat mobil dijemur itu kan panas tertampung di dalam kaca, kalau wiper ngambang di udara nggak sepanas kalau berada di atas kaca,” ucapnya seperti dilansir kumparan.

Lebih lanjut, Suparna menjelaskan ketika wiper tidak diangkat dan terkena panas, akan berdampak pada struktur karet sehingga kinerja karet wiper ketika menyapu air menjadi tidak maksimal. “Kalau itu (wiper) kena panas, akhirnya struktur dari karet itu mulai lembek, mulai nggak elastis, mulai gampang sobek, sehingga tidak menyeka dengan baik,” tuturnya.

Karena itu, guna menjaga keawetan dari karet wiper itu sendiri, Suparna menyarankan untuk mengangkat wiper dari kaca ketika mobil sedang parkir di tempat terbuka dalam jangka waktu yang cukup lama.

Baca juga: Mengenal Fungsi Timing Belt dan Fan Belt Serta Cara Merawatnya

Selain itu, dengan diangkatnya wiper saat parkir lama di ruangan terbuka, mampu mencegah debu menempel pada bagian atas karet. Ketika debu menempel di karet wiper bisa berbahaya, karena dapat menimbulkan kaca lecet ketika wiper tersebut digerakkan. Suparna juga mengimbau para pemilik mobil untuk rutin memeriksa kondisi fisik dari karet wiper.

mobil terkait

Rp 345.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 205.000.000

Individu

SURABAYA

Rp 343.700.000

Individu

JAKARTA

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA

Rp 331.100.000

Individu

Rp 309.100.000

Individu


Kembali ke atas