Wuling Ungkap Alasan Mengapa Cloud EV Gak Punya Sunroof Meski Interiornya Kekinian

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 7 May 2024

Wuling Ungkap Alasan Mengapa Cloud EV Gak Punya Sunroof Meski Interiornya Kekinian

momobil.id – Meski bertabur sentuhan modern, Wuling Cloud EV tak dilengkapi sunroof yang biasanya hadir pada mobil baru berbanderol Rp400 jutaan ke atas. Apa sebabnya?

Wuling Cloud EV menjadi salah satu mobil listrik yang menarik perhatian pada ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024. Dari sisi eksterior, Wuling Cloud EV memiliki lekukan yang terinspirasi dari bentuk awan dengan siluet melengkung tanpa ada sudut tajam.

Pada bagian depan, terdapat lampu DRL horizontal di bagian tengah serta lampu sein LED di bagian kiri dan kanan. Kemudian headlamp LED projector terdapat di bagian bawahnya.

Bagian samping Cloud EV terdapat Multifunctional Rearview Mirror dan Hidden Inductive Door Handles, yang menambah kesan sleek pada bagian pintu. Medium Hatchback listrik ini menggunakan velg alloy berukuran 18 inci dengan desain yang terinspirasi dari Bianglala.

Pada bagian belakang, buritan mobil ini tampil modern dengan LED position lamp horizontal dan lampu belakang LED dengan High Stop Mount Lamp serta built-in antenna.

Masuk ke bagian interior, konsumen akan dimanjakan dengan desain bangku Italian Bubble Sofa Style yang dapat diatur secara elektrik enam arah di kursi pengemudi dan empat arah di kursi penumpang.

Bagian dashboard juga tak lepas dari sentuhan modern. Semua informasi kendaraan bisa dipantau pengemudi melalui layar 8.8 Inch Multi Information Display. Pusat kendali fitur serta hiburan canggih terintegrasi di layar head unit 15.6 Inch LED Central Control Screen yang berada di tengah.

Itu sebabnya, absennya sunroof pada Wuling Cloud EV menimbulkan pertanyaan. Apalagi beberapa model mobil Wuling juga banyak yang dibekali sunroof seperti Alvez, Almaz, atau Cortez.

Menjawab pertanyaan tersebut, Danang Wiratmoko selaku Product Planning Wuling Motors menjelaskan hilangnya fitur sunrood pada Cloud EV agar harganya tetap kompetitif.

“Kita mau penempatan segmennya agar harganya kompetitif, tetapi secara fungsional diterima mayoritas,” jelas Danang. Bila ditambahkan sunroof, Danang menilai harga jual Wuling Cloud EV bisa bertambah hingga Rp10 juta.

Baca juga: MPV Listrik Mewah MG Maxus 9 Bertabur Fitur, Bisa Tempuh Jarak Hingga 540 Km Sekali Ngecas

Dan penambahan biaya ini sangat berpengaruh terhadap harga jual mobil baru. “Ini sifatnya opini ya. Setahu saya persepsi harganya memang masih cukup tinggi di Indonesia. Misalnya mobil yang pakai sunroof dan tanpa sunroof itu selisihnya bisa nambah value Rp8-10 jutaan. Itu persepsi yang tadinya kita dapatkan dari beberapa survei ke konsumen langsung,” jelasnya.

Sebagai informasi, saat ini Wuling baru mengungkapkan harga estimasi Cloud EV adalah Rp410 juta. Harga resminya rencananya baru diumumkan pada pertengahan Mei 2024. Dan kemungkinan, harga resminya tak berbeda jauh dengan estimasinya saat ini.

mobil terkait

Rp 130.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 232.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 118.000.000

Individu

JEMBER

Rp 198.000.000

Individu

JEMBER

Rp 230.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 195.000.000

Individu

DENPASAR


Kembali ke atas