Xpeng Motors Pamerkan Konsep Mobil Terbang Bernama Kiwigogo

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 7 October 2020

Xpeng Motors Pamerkan Konsep Mobil Terbang Bernama Kiwigogo

momobil.id – Salah satu konsep yang tengah dikembangkan di industri otomotif saat ini adalah kehadiran mobil terbang. Xpeng Motors yang menjalin kerja sama dengan Alibaba dan Xiaomi Corp, turut mengembangkan mobil terbang yang tampilannya belum lama ini dipamerkan di Beijing Auto Show 2020.

Masih berwujud konsep, mobil yang tampilannya mirip dengan drone ini bernama Kiwigogo dan mampu membawa dua penumpang dan terbang di ketinggian 5 meter (16,4 kaki) hingga 25 meter (82 kaki).

Seperti dilansir Liputan6.com yang mengutip Carscoops, kendaraan yang dipamerkan di Beijing Auto Show 2020 ini memiliki delapan baling-baling dan kerangka seperti kapsul. Menjadi mobil ramah lingkungan, tenaga yang dihasilkan berasal dari sumber daya listrik.

Tengah dikembangkan Xpeng Heitech, perusahaan menyebut proyek mobil terbang mampu mempertajam penelitian dalam mobilitas, elektrifikasi dan digitalisasi.

Saat ini, proyek mobil terbang masih dalam tahap konsep dan perusahaan menegaskan akan melakukan evaluasi prospek ruang secara detail sebelum melanjutkan di area ini lain.

Meskipun Kiwigogo masih dalam tahap konsep dan yang ditampilkan adalah prototipe awal, Xpeng menyatakan telah mengevaluasi prospek kendaraan tersebut. Ke depan, perusahaan akan memutuskan apakah terus melanjutkan investasi atau tidak.

Baca juga: Tips Membersihkan Karpet Mobil Berbahan Beludru

Adapun selain Xpeng Motors, saat ini juga ada beberapa pihak lain yang mengembangkan konsep mobil terbang. Turki menjadi salah satu negara yang mencoba mengimplementasikan ide tersebut dengan mengembangkan sebuah mobil terbang.

Mobil terbang bernama Cezeri yang dikembangkan di orang-orang lokal Turki itu berhasil mengangkasa dalam uji terbang perdananya. Media lokal menyebutnya sebagai mobil terbang. Tapi, tampilannya seperti sebuah quadcopter yang menyediakan tempat duduk untuk satu orang. ‘Mobil terbang’ ini memiliki kemampuan lepas landas dan mendarat secara vertikal.

Selain Turki, Jepang juga dikabarkan membentuk Public-Private Conference untuk mewujudkan mimpi masa depan mobilitas udara.


Kembali ke atas