Yuk! Pahami Indikator Huruf Pada Tuas Mobil Matic

Ditulis oleh : admin | 25 January 2017

Yuk! Pahami Indikator Huruf Pada Tuas Mobil Matic

Banyak yang beranggapan bahwa mobil bertransmisi automatic–atau yang familiar dengan istilah matic–memiliki level yang lebih mudah jika dibandingkan dengan mobil bertransmisi manual. Walaupun hal tersebut kembali lagi kepada kemahiran setiap orang, namun mobil matic pun sejatinya jangan dianggap sepele bagi setiap pengemudinya. Karena dianggap mudah, pengemudi mobil matic seringkali mengalami berbagai insiden yang tidak terduga. Hal tersebut diakibatkan karena pengemudi masih belum memahami apa arti dari simbol transmisi huruf mobil matic. Nah, untuk itu, artikel ini akan membahas apa saja arti dari indikator huruf pada tuas mobil matic. Yuk pahami!

Baca Juga : 5 Mobil Sedan Bekas dibawah 100 Juta

simbol transmisi mobil matic
Source: wp.com

Indikator Parking (P)

Pada setiap jenis mobil matic, tuas dengan indikator P pasti akan tersedia sebagai sistem transmisi. Huruf P berarti Parking atau berfungsi sebagai sistem transmisi ketika mobil dalam keadaan terparkir. Pada sistem transmisi ini, mobil akan terkunci sehingga tidak bisa didorong. Yang harus diperhatikan adalah, indikator transmisi P merupakan indikator saat mobil awal dihidupkan dan saat melepaskan kunci kontak.

Indikator Reverse (R)

Jika sistem transmisi manual memiliki tuas dengan indikator huruf R, mobil jenis matic juga memiliki hal demikian. Huruf R dalam transmisi matic memiliki arti Reverse–sama halnya dengan transmisi manual–transmisi ini digunakan ketika mobil hendak melaju mundur. Yang harus diperhatikan saat menggunakan transmisi R ini adalah Anda harus menginjak rem terlebih dahulu sebelum tuas transmisi dipindahkan ke sistem R. Hal ini untuk menghindari mobil Anda mundur terlalu cepat. Ketika dalam posisi mundur, lepas tuas rem pada kaki secara perlahan-lahan.

Indikator Netral (N)

Setiap mobil pasti memiliki tuas transmisi N yang berarti Netral. Tuas transmisi Netral pada mobil jenis matic berfungsi ketika mobil dalam keadaan bebas atau roda mobil tidak dalam keadaan terkunci. Pastikan ketika Anda hendak melakukan starter pada mobil Anda, tuas transmisi mobil Anda harus pada posisi N.

Indikator D-3

Jika pada mobil transmisi manual, indikator transmisi saat melaju terdiri pada angka di tuas mobil. Simbol transmisi mobil matic juga memiliki indikator angka pada tuas transmisinya. Namun, sedikit berbeda dengan transmisi mobil manual, mobil matic memiliki indikator D-3 dimana D berarti Drive yang berfungsi sebagai transmisi mobil saat melaju normal.

Indikator 2

Jika Anda belum sepenuhnya memahami indikator simbol transmisi mobil matic, berarti Anda belum terjamin dalam mengemudikan transmisi mobil satu ini. Perbedaannya pun sangat jelas jika dibandingkan dengan sistem transmisi manual. Indikator transmisi dengan angka 2 berfungsi saat mobil dalam posisi berjalan maju di medan berkelok di pegunungan.

Indikator L

Indikator transmisi yang ada pada mobil matic satu ini memiliki arti Low atau jika pada mobil bertransmisi manual indikator L berada pada posisi gigi 1. Posisi transmisi ini merupakan posisi yang paling rendah dan berfungsi ketika mobil melaju pada medan tanjakan atau turunan yang sangat curam.

Nah, itu dia huruf-huruf indikator pada simbol transmisi mobil matic yang wajib Anda pahami sebelum mahir mengemudi. Alangkah lebih baik jika Anda sudah menguasai sistem transmisi mobil manual. Sehingga ketika mengemudi mobil bertransmisi matic, Anda akan lebih mudah menyesuaikan diri saat mengemudi di kondisi jalan tanjakan, melakukan parkir, jalanan macet, maupun saat berhenti di lampu merah. Jangan lupa, pakai sabuk keselamatan dan berhati-hatilah saat mengemudi!

mobil terkait

Rp 178.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 132.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 125.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 145.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 129.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 145.000.000

Individu

PALEMBANG


Kembali ke atas