4 Cara Menghemat BBM Pada Mobil Anda

Ditulis oleh : admin | 14 February 2017

4 Cara Menghemat BBM Pada Mobil Anda

Jika Anda merasa terbebani dengan bahan bakar yang semakin mahal, maka sudah saatnya Anda menghemat diri dalam menggunakan bensin mobil Anda. Bukan berarti Anda harus berhenti menggunakan mobil pribadi–walaupun hal itu sebenarnya dapat lebih menghemat pengeluaran Anda–namun, Anda juga masih tetap berhemat walau menggunakan mobil pribadi.

Menghemat BBM saat mengemudi mobil pribadi nyatanya tidak sulit dilakukan. Jika Anda masih perlu untuk mengemudi mobil namun terasa terbebani dengan bahan bakar yang semakin mahal, maka cara menghemat BBM pada mobil Anda berikut ini dapat Anda implementasikan saat berkendara. Berikut caranya!

mobil hemat bensin
Source: Info Jakarta

Lakukan Akselerasi dan Pengereman Secara Baik, Jangan Berlebihan!

Melakukan akselerasi maksimum atau menginjak pedal gas secara berlebihan tentu saja akan berdampak pada banyaknya total bensin yang harus dibakar. Selain itu–secara aturan yang berlaku–memacu kecepatan secara berlebihan di jalan raya akan membahayakan diri dan pengendara lain. Salah satu cara agar Anda dapat menghemat BBM pada mobil yang Anda kendarai, jangan berlebihan ketika melakukan akselerasi mobil Anda. Selain itu, Anda juga harus menggunakan rem secara baik agar pengikisan cakram rem tidak cepat habis dan bensin tidak terlalu boros karena tarikan mesin yang dalam. Intinya, gunakan pedal gas dan rem sebijak mungkin agar BBM yang Anda gunakan selalu hemat dan terjaga dengan baik.

Stabilkan RPM Pada Mesin

Untuk mobil dengan transmisi manual, Anda memerlukan teknik khusus agar bensin selalu hemat dan terjaga dengan baik. Caranya adalah Anda harus mengganti gigi secara tepat agar perpindahan transmisi berjalan dengan baik. Untuk menjaga perpindahan transmisi, Anda harus menstabilkan RPM pada mesin. Biasanya, agar perpindahan transmisi berjalan dengan lancar, Anda dapat melakukan perpindahan gigi pada RPM 1.500 atau 2.200. Maka dari itu, Anda harus selalu memperhatikan indikator RPM pada speedometer namun juga tetap fokus pada pandangan jalan di depan Anda. Dalam hal ini, Anda juga sebenarnya dapat merasakan tekanan mesin ketika hendak melakukan perpindahan gigi. Jika mesin sudah terasa tertahan, maka sudah saatnya Anda melakukan perpindahan gigi. Namun, hal ini dibutuhkan teknik khusus untuk melakukannya. Paling tidak, Anda akan bisa melakukannya jika Anda sudah sering atau mahir mengemudikan mobil.

Baca Juga : Pentingnya KM Mobil Sebelum Menjual Mobil

Pastikan Tekanan Angin Pada Ban Cukup

Kurangnya tekanan angin pada ban mobil Anda akan menyebabkan gesekan yang lebih besar antara ban dan permukaan aspal. Akibatnya, distraksi ban akan berkuran dan mobil terlalu terbebani dengan kondisi ban yang kekurangan tekanan angin. Sebaliknya, mengisi tekanan angin terlalu berlebihan juga tidak baik untuk menjaga kehematan bahan bakar pada mobil. Tidak hanya itu, tekanan angin yang berlebihan juga dapat mengakibatkan ban pecah saat di tengah perjalanan. Tentu saja, hal tersebut akan sangat membahayakan pengendara maupun penumpang pada mobil Anda. Untuk itu, menjaga tekanan angin pada ban bisa Anda sesuaikan dengan rekomendasi bengkel Anda. Karena setiap mobil biasanya memiliki level tekanan angin yang berbeda pada ban-ban yang digunakan. Jika Anda telah memastikan tekanan angin pada ban mobil Anda pada angka yang normal, maka konsumsi bahan bakar yang digunakan juga akan bisa lebih hemat 5 persen sampai 20 persen.

Nyalakan dan Matikan AC Seperlunya

Salah satu fitur mobil yang wajib tersedia di daerah beriklim tropis seperti Indonesia adalah Air Conditioner (AC) atau pendingin ruang kabin. Apalagi jika Anda tinggal di Jakarta, fitur satu ini adalah fitur yang paling berguna ketika Anda berkendara dengan mobil. Namun, AC yang aktif sejatinya cukup membebani pembakaran mesin dan berdampak pada borosnya bensin yang digunakan. Maka dari itu, sebaiknya gunakan AC seperlunya agar bahan bakar lebih hemat.

Walaupun beberapa hal tersebut sejatinya tidak mudah dilakukan untuk pengemudi pemula, namun beberapa tips di atas bisa dilakukan jika Anda telah mahir dan sering mengemudi. Tentu saja, beberapa tips di atas akan sangat berpengaruh besar pada kondisi pemakaian bahan bakar yang digunakan. Agar Anda dapat lebih berhemat, Anda juga bisa gunakan mobil jenis LCGC yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Selamat mencoba!

mobil terkait

Rp 125.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 335.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 147.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 138.000.000

Individu

JEMBER

Rp 114.000.000

Individu

JEMBER

Rp 107.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas