AC Mobil Mati? Ini Dia 4 Penyebab Utamanya!

Ditulis oleh : admin | 16 February 2017

AC Mobil Mati? Ini Dia 4 Penyebab Utamanya!

Sedang macet-macetan di bawah teriknya sinar matahari, tetapi AC tidak terasa menyejukkan? Menyebalkan sekali pasti rasanya bukan? Itu bisa jadi akibat AC mobil Anda sudah tidak dingin lagi.

Penyebab AC Mobil tidak lagi dingin atau rusak bisa bermacam-macam lho. Meskipun Anda bisa datang ke bengkel favorit dan membetulkan atau mengganti AC mobil Anda, tetapi tidak salahnya kan Anda tahu apa penyebabnya? SImak 5 penyebab umum AC Mobil tidak dingin atau rusak berikut ini!

Kehabisan Freon

-Wah ini pasti freon-nya habis nih!- Ujar banyak orang ketika AC mobil sudah tidak lagi dingin. Ini betul, karena, sederhananya, freon merupakan senyawa yang membuat angin menjadi dingin pada AC mobil. Freon kurang atau habis biasanya diakibatkan oleh kebocoran pada sistem ac. Kebocoran freon sering terjadi pada compressor shaft seal atau relief valve akibat guncangan atau tekanan.

Putusnya Drive Belt

Ibarat band sepeda, jika rantai penghubung yang menggerakkan band belakang dengan pedal terputus, maka roda tidak bisa diputar dengan pedal bukan? Inilah yang terjadi pada AC mobil ketika drive belt atau fan belt AC putus. Sebagai penyalur putaran mesin dengan putaran kompresor AC, putusnya drive belt akan membuat AC Mobil tidak bekerja dengan baik sehingga AC menjadi mati / tidak dingin.

Evaporator Yang Tersumbat atau Kotor

ac mobil mati
Source: Groupon

Umumnya, AC memerlukan blower untuk menghembuskan angin ke arah evaporator. Namun, seiring dengan banyaknya angin yang dihembuskan blower, banyak juga debu atau kotoran yang ikut terhembuskan sehingga evaporator AC penuh oleh debu. Nah proses penumpukan debu pada evaporator ini akan berakibat pada dinginnya AC, karena angin yang dihembuskan menjadi lebih sedikit.

Kondensor atau Radiator Kotor

Sama halnya dengan evaporator, kondensor atau radiator yang kotor akan mengakibatkan AC mobil Anda tidak dingin. Alasannya, kondensor atau radiator yang kotor membuat proses kondensasi tidak sempurna sehingga pembuangan gas freon menjadi tidak optimal.

Baca Juga : 4 Hal Tentang Aki Mobil yang Perlu Anda Tahu

Keempat penyebab AC mati di atas hanya segelintir dari banyaknya penyebab lainnya. Tetapi, setidaknya Anda kini tahu sedikit lebih dalam tentang penyebab AC tidak dingin atau mati agar lebih paham dengan permasalahan mobil Anda sebelum dibawa ke bengkel.

Selain membawa ke bengkel, solusi lain untuk masalah AC tidak dingin Anda adalah: beli mobil baru! Beli mobil bekas yang masih seperti baru itu tidak susah dicari lho, cari saja mobil bekas berkualitas di Momobil.Id, situs jual beli mobil online yang mengedepankan keamanan kredit mobil bekas yang terjamin!

mobil terkait

Rp 245.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 140.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 175.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 303.000.000

Individu

DEPOK

Rp 305.000.000

Individu

DEPOK

Rp 155.000.000

Individu

DEPOK


Kembali ke atas