4 Hal Tentang Aki Mobil yang Perlu Anda Tahu

Ditulis oleh : admin | 14 February 2017

4 Hal Tentang Aki Mobil yang Perlu Anda Tahu

Umumnya, masyarakat diberikan pengertian bahwa aki mobil ada dua jenis, yaitu aki kering dan basah. Namun, pada kenyataannya semua aki mobil memiliki sel basah. Jadi yang sejatinya membedakan antara jenis aki adalah apakah aki mobil tersebut memerlukan maintenance atau tidak.

Itu adalah salah satu mengenai aki mobil yang Anda perlu tahu. Ternyata, masih ada hal dan faktor penting lain yang Anda perlu Anda ketahui tentang aki mobil. Apa saja itu? Simak 4 hal tentang aki mobil yang Anda perlu tahu berikut:

Cuaca

Meski sering dilanda hujan, cuaca perkotaan di Indonesia cenderung lebih panas dibanding negara lainnya. Ini bisa jadi berita kurang enak untuk para pemilik mobil di Indonesia, mengapa? Karena aki mobil akan lebih cepat habis di daerah yang panas dibanding dingin akibat reaksi kimiawi pada aki yang lebih cepat bereaksi karena didorong oleh panasnya cuaca.

Jadi, jika memungkinkan, usahakan untuk memarkirkan mobil Anda di tempat yang indoor untuk memperlama umur aki mobil Anda.

Ditinggal Mati Terlalu Lama

Salah satu yang paling sering terjadi: Anda pergi keluar kota / negeri dalam waktu yang lama dan meninggalkan mesin mobil mati. Saat kembali, Anda bingung mengapa mobil Anda tidak bisa dihidupkan padahal tidak di apa-apakan. Tenang, ini bukan keusilan hantu.

Hal ini terjadi karena aki mobil harus terus bekerja atau menyala secara terus menerus agar tidak gagal dihidupkan. Untuk mencegahnya, Anda bisa mencopot kubu negatif (kabel hitam) sebelum Anda pergi berlibur. Jalan alternatifnya Anda bisa meminta tolong tetangga yang Anda percaya untuk memanaskan mobil paling tidak sehari sekali.

Jangan Percaya Aki Bebas Maintenance

Kadang konsumen mudah termakan oleh iklan produsen aki yang mengedepankan slogan aki bebas maintenance atau tidak perlu dibawa ke bengkel. Memang betul ada aki yang tidak memerlukan perawatan khusus di bengkel, namun ada faktor lain yang bisa menyebabkan aki atau mobil rusak seperti korosi atau karat pada komponen aki.

Untuk itu, sempatkanlah untuk meminta montir di bengkel terpercaya Anda untuk melakukan pengecekan aki ketika sedang service bulanan.

aki mobil
Source: Gobdp

Mengisi Daya Aki Sambil Berkendara

Pernah mendengar anjuran untuk membawa mobil berjalan-jalan untuk mengisi aki yang soak?

Awas, ini tidak benar. Nyatanya, dengan membawa mobil Anda berjalan-jalan justru akan mengurangi kapasitas secara perlahan dan mengurangi umur aki.

Cara yang terbaik untuk mengisi daya aki adalah dengan menggunakan multi-stage charger yang tepat. Voltase dari charger harus kuat untuk mencampurkan asam baterai secara seimbang untuk menghidandari stratifikasi (dimana konsentrasi asam tipis di atas dan tebal di bawah)

Baca Juga : Beli Mobil Diesel atau Bensin ya? Cek Disini Yuk!

 

Sekarang sudah mengerti lebih dalam aki mobil Anda kan? Dengan informasi di atas, diharapkan Anda akan lebih memerhatikan kondisi aki Anda, karena tanpa aki, mobil Anda bisa menjadi tidak ada gunanya.

Namun, jika aki mobil Anda sudah soak, mungkin sudah saatnya untuk mengganti mobil dengan aki yang lebih segar! Cari saja mobil-mobil bekas yang masih tangguh di momobil.id, pusat jual beli mobil bekas dengan kredit yang aman!

mobil terkait

Rp 137.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 115.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 92.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 127.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 100.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 110.000.000

Individu

SEMARANG


Kembali ke atas