Beli Mobil Diesel atau Bensin ya? Cek Disini Yuk!

Ditulis oleh : admin | 26 January 2017

Beli Mobil Diesel atau Bensin ya? Cek Disini Yuk!

Kebutuhan akan kendaraan roda empat semakin meningkat di Indonesia. Apalagi kini telah banyak hadir mobil-mobil murah yang membuat siapa saja bisa memiliki mobil. Jika berbicara kualitas dan kenyamanan tentunya sangat relatif. Banyak mobil yang dijual menawarkan kenyamanan dan kualitas terbaik, tetapi balik lagi ke kebutuhan orang masing-masing. Begitu juga dengan memilih mobil dengan jenis bahan bakar yang berbeda. Ada dua pilihan bahan bakar mobil yang kini merajai dunia otomotif Indonesia, yakni bahan bakar diesel dan bensin. Umumnya, mobil dengan bahan bakar bensin digunakan untuk tujuan kendaraan pribadi dan diesel digunakan untuk tujuan mobil angkutan. Tapi tentu tidak semua sebab kini sudah banyak mobil diesel yang juga dijadikan mobil pribadi atau keluarga.

Baca Juga : Wow! Ada Mobil Suzuki Ertiga Diesel di Indonesia?

Mobil diesel atau bensin
Source: indoneka.com

Nah, bagi Anda yang bingung apa sih perbedaan signifikan antara beli mobil diesel atau bensin, kami telah merangkumnya untuk Anda guna melengkapi informasi Anda mengenai konsumsi bahan bakar yang berbeda ini. Penasaran?

Pilih mobil diesel atau bensin
Source: bengkelpandowo.id

Segi Ekonomis

Dari segi ekonomis, manakah yang lebih hemat? Bahan bakar diesel atau bensin? Nah, pertanyaan ini rasanya menjadi pertanyaan semua orang, mengingat kurangnya informasi mengenai hal ini. Jika membandingkan kehematan konsumsi bahan bakar antara mobil diesel atau bensin, maka rasanya kita semua setuju jika mobil diesel jauh lebih hemat. Spesifikasi mobil diesel memang dirancang khusus untuk tipikal mobil yang menempuh jarak jauh sehingga dalam masalah bahan bakar pun, solar adalah bahan bakar yang cocok untuk mobil ini. Terlebih lagi solar dijual dengan harga yang cukup murah. Jika kita bandingkan dengan mobil bensin, perbedaan harga konsumsi pembelian bahan bakar bisa mencapai Rp.100.000. Mobil diesel sangat ekonomis ya?

Segi Perawatan

Untuk perawatan antara mobil diesel atau bensin sebenarnya sama-sama membutuhkan perawatan yang baik. Hanya saja beda waktu perawatannya saja. Begini, mobil bensin dibutuhkan setidaknya sekali servis dalam 3 bulan untuk tetap menjaga performa mesin agar lebih berkualitas. Untuk biayanya pun cukup standar. Bagaimana dengan mobil diesel? Dengan pemakaian yang hanya dalam kota saja, Anda tidak menservis mobil selama satu tahun pun tidak apa-apa. Hanya saja biasanya mobil diesel sekali bermasalah, akan membutuhkan biaya yang sangat besar dan juga akan turun mesin. Nah, jika dibandingkan antara perawatan mobil diesel atau bensin, tetap saja sebenarnya membutuhkan biaya yang standar, hanya saja perbedaannya terletak pada perbedaan waktu servis.

Segi Kenyamanan

Rasanya sudah tidak terbantahkan lagi jika mobil bensin memiliki kenyamanan yang lebih optimal. Mengapa? Mobil bensin cenderung mempunyai mesin yang sangat halus sehingga tidak memunculkan getaran yang berarti ke kursi penumpang. Bagaimana dengan mobil diesel? Mobil diesel cenderung memiliki suara mesin yang kasar dan getarannya cukup kuat. Walaupun mobil diesel kini telah banyak menggunakan teknologi common rail, tetap saja keheningan suara mesin tidak sebanding dengan mobil bensin. Hanya saja, mobil diesel tidak terlalu sensitif terhadap berbagai macam cuaca sehingga jarang terjadi overheat. Beda dengan mobil bensin yang sangat sensitif dengan cuaca panas sehingga sering terjadi kasus overheat, khususnya di Jakarta.

Pada penggunaannya antara mobil diesel atau bensin, mobil diesel sering digunakan untuk tujuan jasa transportasi massal, sedangkan mobil bensin untuk mobil pribadi. Tapi, akhir-akhir ini pandangan tersebut mulai berubah. Banyak juga mobil diesel yang digunakan untuk mobil pribadi di kota-kota besar seperti Jakarta atau Bandung. Bagaimana? Jadi mau beli mobil diesel atau bensin? Semuanya tergantung kebutuhan Anda. Untuk mendapatkan pilihan mobil diesel atau bensin terlengkap, Anda bisa cek situs jual beli mobil bekas terlengkap, Momobil.id.


Kembali ke atas