Ada Tiga Varian, Toyota Yaris Facelift 2020 Mengaspal di Thailand

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 26 August 2020

Ada Tiga Varian, Toyota Yaris Facelift 2020 Mengaspal di Thailand

momobil.id – Pada 20 Agustus 2020, Toyota resmi meluncurkan Yaris facelift di Thailand. Toyota Yaris versi penyegaran ini tak lagi mengusung senyum ‘joker’, namun lebih memiliki kemiripan dengan Yaris di Jepang dengan desain airdam besar.

Tak hanya itu, seperti dilansir Kumparan, bentuk housing lampu Toyota Yaris juga mendapat revisi. Lampu daytime running light (DRL) kini sudah menyatu dengan lampu utamanya, sebelumnya masih masih terpisah dan terkesan merupakan komponen aftermarket. Jeroan lampu juga ikut berubah, dari semula proyektor menjadi LED multi reflektor. Lanjut ke bawah, bumper Yaris dirombak. Tidak lagi terlihat senyum joker. Ini karena bentuk ornamen penghias mika lampu kabutnya diubah. Kemudian lubang angin tak ketinggalan direvisi, bentuknya menjadi trapesium seperti Veloz.

Sementara dari samping tidak begitu terlihat ubahan yang signifikan. Guratan lekuk bodi samping, bentuk pilar A sampai D pun masih serupa model sebelumnya. Perbedaan hanya tampak pada desain velg baru dual tone yang kini berukuran 15 inci. Lanjut ke buritan rupanya pecinta Toyota Yaris harus sedikit berkecil hati. Karena lagi-lagi tidak ada rombakan besar. Desain lampu masih menyerupai paruh burung, begitu pun dengan ornamen penghias maupun kelengkapan pintu bagasi masih sama seperti dulu.

Khusus tipe tertinggi (Sport Premium) seluruh bodinya diselimuti dua warna, tapi atapnya tetap dilabur kelir hitam. Sementara dua varian lainnya tetap satu warna bodi. Bicara jantung mekanis ternyata tidak mengalami perubahan. Masih menggendong mesin 3NR-FKE 1.197 cc bertenaga 90 dk di 6.000 rpm dan torsi maksimum 109 Nm pada putaran 4.400 rpm. Yaris di Indonesia punya dapur pacunya yang beda, berupa mesin 2NR-FE berkapasitas 1.496 cc berdaya 105 dk di 6.000 rpm serta torsi puncak 140 Nm di 4.200 rpm.

Baca juga: Benarkah Seat Belt Memiliki Masa Pakai? Ini Penjelasannya

Urusan mesin boleh kurang buas, tapi menyangkut fitur keselamatan, mobil baru 2020 ini patut diacungi dua jempol. Sebab mengacu data teknis, Yaris facelift sudah dilengkapi paket fitur keselamatan Toyota Safety Sense. Fitur penunjang hiburan dan kenyamanan penumpang serta pengemudi dilengkapi dengan sistem head unit 6,7 inci yang bisa dihubungkan dengan Apple CarPlay, fungsi perintah suara, 6 speaker (khusus tipe tertinggi, lainnya 4 speaker), dermaga USB baris belakang, dan AC otomatis.

Hatchback jagoan Toyota ini selain disematkan rem ABS, EBD, BA, kontrol stabilitas, Hill Assist Control, sepasang dual SRS airbags, juga ditambahkan fitur keselamatan aktif Pre Collision System, dan Lane Departure Alert. Ada tiga varian Toyota Yaris facelift 2020 yang tersedia di Thailand yakni varian Entry, Sport, dan Sport Premium. Berikut harga Toyota Yaris 2020 di Thailand.

Yaris Entry – Rp257,2 juta
Yaris Sport – Rp285,3 juta
Yaris Sport Premium – Rp318,2 juta


Kembali ke atas