Begini Cara Mengemudikan Mobil ketika Hujan Deras

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 24 September 2020

Begini Cara Mengemudikan Mobil ketika Hujan Deras

momobil.id – Mengemudikan mobil saat hujan deras tentu tidak sama seperti ketika cuaca cerah. Visibilitas menjadi lebih terbatas sehingga pengemudi harus ekstra waspada selama dalam perjalanan. Agar tetap dapat berkendara dengan nyaman saat hujan, ada beberapa tips yang bisa dicoba selama menempuh perjalanan.

Tips pertama, jangan memaksakan memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. Hal ini karena visibilitas ketika hujan deras cukup terbatas, dan akan berbahaya jika pengemudi tak bisa melihat begitu jelas apa yang ada di depannya.

Memacu mobil dengan kecepatan tinggi juga berpotensi menyebabkan kendaraan tergelincir jika tiba-tiba ada kendaraan di depan yang berhenti mendadak, atau ketika ingin menghindari sesuatu.

Sebaiknya, pacu kendaraan dengan kecepatan yang konstan. Jika pandangan tak terlalu jelas, segera kurangi kecepatan secara bertahap. Ada baiknya pengemudi juga menyalakan lampu jika visibilitas terlalu minim ketika hujan deras.

Tips berikutnya yang bisa dicoba agar tetap nyaman berkendara saat hujan adalah mengoptimalkan berbagai fitur yang ada di mobil. Fitur pertama yang bisa dimanfaatkan ketika hujan tentu adalah wiper. Bagi mobil yang sudah dibekali intermittent wiper, maka pengemudi bisa mengatur kecepatan wiper sesuai kebutuhan. Mulai tiap 2 detik, 4 detik, hingga 6 detik sekali.

Baca juga: Biar Tak Penasaran, Ternyata Begini Cara Kerja Sunroof

Fitur berikutnya yang bisa dimanfaatkan adalah defogger. Defogger biasanya dipasang di kaca bagian belakang yang bentuknya berupa garis-garis horizontal. Defogger merupakan kawat tipis yang berfungsi sebagai kondensator panas sehingga suhu kaca terjaga dan embun tidak terbentuk akibat perbedaan suhu di dalam kabin dan di luar.

Sesuai namanya, defogger berfungsi menghilangkan embun yang dapat menghalangi visibilitas pengendara pada bagian belakang. Hal yang perlu diperhatikan, gunakan defogger seperlunya saja. Jika sudah tidak ada embun atau mobil sudah sampai tempat tujuan, segera matikan defogger.


Kembali ke atas