Biar Tak Penasaran, Ternyata Begini Cara Kerja Sunroof

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 28 August 2020

Biar Tak Penasaran, Ternyata Begini Cara Kerja Sunroof

momobil.id – Bagi pemilik mobil yang kendaraanya telah dilengkapi dengan sunroof, perlu mengetahui bagaimana cara kerja sunroof ketika digunakan. Hal ini sebaiknya diketahui agar memahami bagaimana cara merawat dan menggunakannya.

Cara kerja sunroof memanfaatkan modul dan dinamo elektrik yang letaknya berada di depan atau belakang. Dinamo elektrik menjadi motor penggerak utama untuk menarik atau mengulur kabel baja atau disebut sling menggunakan gir. Seperti dilansir GridOto, Sling sunroof tersimpan di dalam selongsong tabung besi pada bagian konstruksi perangkat sunroof.

Sling ini terhubung dengan engsel kaki yang menjadi dudukan utama kaca sunroof, terkait di jalur rel sunroof untuk bergerak. Ketika kaca sunroof dibuka, modul memerintahkan gir dinamo elektrik untuk mengulur kabel sling yang menggerakkan engsel kaki mundur. Ketika sunroof ditutup, dinamo elektrik akan menggulung kabel sling supaya engsel kaki tertarik maju dan menggerakkan sunroof untuk tertutup. Artinya, bukan engsel kaki yang berjalan, tapi sling itulah yang menggerakkan engsel kaki untuk maju mundur.

Adapun mobil yang memiliki sunroof setidaknya menawarkan dua benefit yakni menambah kesan mewah dan memberikan kesan lega. Agar benefit ini bisa dirasakan maksimal, pemilik kendaraan tentu harus mengetahui cara merawat sunroof agar kinerja fitur ini bisa berjalan optimal.

Bila tidak dirawat dengan baik, sunroof akan rusak dan butuh biaya besar untuk memperbaikinya. Untuk merawat sunroof, pemilik mobil bisa mencoba beberapa tips berikut. Pertama, rutin membersihkan sunroof. Hal ini karena debu, pasir hingga kerikil dapat menempel di rel sunroof. Akibatnya, rel jadi bergesekan langsung dan membuat macet jalur rel. Bila terus dibiarkan, otomatis kotoran akan menumpuk di rel sehingga mengganggu jalur pembuangan air. Akibatnya, saluran drainase pun tersumbat. Ketika air menggenang, rel lama-kelamaan akan berkarat dan akhirnya memicu kebocoran.

Bukan hanya kaca sunroof yang harus dirawat. Pemilik mobil juga harus memperhatikan kondisi rel sunroof. Rel sunroof bisa saja rusak karena teralu sering digunakan atau termakan usia. Perawatan rel sunroof sebenarnya sangat sederhana. Cukup lapisi rel dengan lapisan gemuk cair serta bersihkan kerak dan karat agar rel kembali lancar.

Baca juga: Penyebab Kaca Mobil Bermasalah dan Cara Mengatasinya

Selanjutnya, jangan pernah membiarkan rel sunroof terlalu lama basah. Hal ini bertujuan mencegah karat timbul yang bisa merusak kinerja rel sunroof itu sendiri. Selain itu, kaca sunroof juga wajib dikeringkan. Jangan sampai waterspot atau jamur kaca merusak penampilan sunroof. Air yang dibiarkan mengering dengan sendirinya juga bisa menjadi kerak yang akan mengganggu penampilan serta kinerja.

Sunroof juga memiliki bagian karet yang mencegah masuknya air ke dalam kabin saat hujan. Karet ini bisa cepat getas atau kering dan pecah-pecah apabila sering terkena sinar matahari langsung. Akibatnya, karet bisa rusak dan menyebabkan kebocoran. Karena itu, sangat disarankan memarkirkan mobil di tempat teduh. Minimal, ada penutup di bagian sunroof agar karet tidak terjemur. Selain itu, jaga kekenyalan karet sunroof dengan silicone spray agar tetap berfungsi dengan sempurna.

Sumber gambar: Shutterstock



Kembali ke atas