Arti Singkatan Rpm di Mobil dan Cara Membacanya

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 9 June 2020

Arti Singkatan Rpm di Mobil dan Cara Membacanya

momobil.id – Singkatan ‘rpm’ jamak ditemui ketika melihat spesifikasi sebuah mobil. Meski sering terlihat, tak semua orang mengetahui apa itu arti rpm dan apa fungsinya ditampilkan pada sebuah kendaraan seperti mobil maupun motor.

Menurut Dealer Technical Support Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, rpm merupakan kepanjangan dari revolutions per minute. Artinya putaran yang dilakukan mesin dalam satu menit. “Iya benar, maksudnya putaran pulley (ujung depan crankshaft atau poros engkol), kalau ujung belakangnya flywheel atau roda gila. Jadi 1 perputaran pulley sama dengan 1 rpm tapi hitungannya per menit,” ujar Didi seperti dilansir Kompas.com.

Tak hanya bisa dilihat di data spesifikasi kendaraan saja, rpm juga terlihat di speedometer mobil. Sebab, umumnya speedometer mobil menjadi satu dengan takometer. Takometer berfungsi untuk mengukur banyaknya putaran per detik atau kecepatan sudut poros yang berputar.

Besaran angka yang ditunjukkan oleh jarum takometer dikalikan 1.000. Misalnya mengarah pada angka satu, berarti 1.000 rpm. Posisi jarum pada takometer dipengaruhi seberapa dalam pedal gas diinjak. Semakin tingginya rpm juga bisa ditandai dengan besarnya suara raungan mesin.

“Jadi dalam waktu satu menit mesin menghasilkan berapa putaran. Untuk posisi idle standarnya bermacam-macam, idealnya atau rata-rata di angka 700 rpm dengan AC tidak menyala. Biasanya jika AC menyala di angka 1.000 rpm,” jelas Didi.

Jika melihat data spesifikasi dalam satu model mobil diinformasikan bahwa torsinya 120 Nm/4000, maka arti data tersebut yakni torsi maksimum yang dimiliki kendaraan itu adalah 120 newton meter, bisa dicapai pada 4.000 rpm. Termasuk juga dengan data pada bagian tenaga, 100 tk/6.000 rpm, berarti tenaga maksimum 100 tk bisa tercapai di 6.000 rpm. Artinya, kedalaman menginjak pedal atau putaran mesin sangat berpengaruh terhadap tenaga kendaraan yang dihasilkan.

Baca juga: Mau Beli Mobil Tapi Gaji Masih Pas-pasan? Coba Tips Berikut

Sebagai informasi, pemilik mobil juga perlu memperhatikan indikator lainnya di layar multi information display (MID) mobil selain rpm seperti speedometer yang berguna untuk mengukur kecepatan mobil dan odometer sebagai penunjuk jarak tempuh kendaraan.

Odometer juga bisa berfungsi sebagai penunjuk jangka waktu penggantian oli. Cara kerja odometer yaitu dengan cara mekanik dan elektronik. Bila odometer diset dalam satuan km/k, maka angka akan menunjukkan jarak dalam bentuk km. Jika angka pada odometer tertulis 56700, maka artinya mobil sudah menepuh jarak sejauh 56.700km



Kembali ke atas