Begini Caranya Membersihkan Jok Mobil Berbahan Beludru

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 28 April 2020

momobil.id – Merawat dan membersihkan jok mobil berbahan beludru memang lebih sulit ketimbang yang berbahan kulit. Meski sulit dan harus hati-hati, bukan berarti jok dengan bahan beludru tidak bisa dibersihkan.

Untuk membersihkan jok berbahan beludru perlu didukung beberapa peralatan seperti lap bersih, sikat, vacuum cleaner, dan cairan penghilang noda. Tahap pertama membersihkan jok mobil berbahan beludru bisa dimulai dari menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu maupun kotoran yang menempel.

Setelahnya, semprot cairan pembersih berupa busa ke permukaan jok yang akan dibersihkan. Sikat bagian yang sudah disemprotkan tersebut secara satu arah agar kotoran tidak kembali. Jika sudah selesai, usap jok dengan lap bersih dan jemur di bawah matahari hingga kering.

Saat menjemur, idealnya jok dilepas agar hasilnya maksimal. Namun jika repot atau sulit melepasnya, bisa dengan membuka semua pintu mobil agar jok cepat kering. Sebagai catatan, umumnya noda yang melekat di jok beludru bisa dihilangkan kecuali tinta serta makanan dan minuman yang mengandung bahan pengawet.

Baca juga: Tips Membersihkan dan Merawat Jok Kulit Mobil

Adapun jika jok berbahan beludru dibiarkan kotor tanpa dibersihkan sama sekali, maka lama kelamaan akan muncul bau tidak sedap. Bau tersebut berasal dari kotoran seperti remah makanan, tumpahan minuman, dan sebagainya yang bercampur bakteri dan mengendap terlalu lama.

Jika enggan membersihkan jok beludru secara mandiri, maka pemilik mobil bisa membawa kendaraannya ke salon mobil agar bagian interior seperti jok turut dibersihkan. Namun tentunya harus menyediakan kocek yang agak lebih dibanding membersihkannya sendiri.

Perlu diingat, jok mobil berbahan beludru lebih mudah kotor dibandingkan dengan jok kulit. Jadi, pemilik mobil harus melakukan perawatan setidaknya sebulan sekali untuk jok yang menggunakan bahan ini.

MOMOBIL.ID, SITUS JUAL BELI MOBIL BEKAS TERBAIK DI INDONESIA

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia… karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.

Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!

Kembali ke atas