Begini Tahapan yang Benar ketika Proses Coating Mobil

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 24 October 2020

Begini Tahapan yang Benar ketika Proses Coating Mobil

momobil.id – Selain terlihat lebih mengkilap, penerapan coating pada mobil juga menjaga cat tidak mudah lecet. Sebelum memilih jasa coating, pemilik mobil perlu mengetahui bagaimana proses coating yang benar.

Menurut Presiden Direktur Top Coat Indonesia, Christopher Sebastian, dalam melakukan coating itu melalui beberapa tahapan. Konsumen jangan mau dimanfaatkan dengan alasan dibilang dengan membayar atau menambah sekitan juta rupiah lagi, proses melapisi bodi mobil itu bisa menjadi maksimal.

“Banyak yang dibilang kalau coating di tempat kami itu tiga lapisan (layer) atau beberapa layer. Pada dasarnya kalau coating itu memang harus melalui proses beberapa layer dulu,” kata Christopher, kepada Kompas.com.

Christopher menambahkan, pada dasarnya sebelum mulai proses coating, mobil tersebut harus dibersihkan atau disebut dengan istilah auto-detailing. Setelah itu, baru bisa lakukan proses coating.

“Auto detailing saja ada tiga tahapan, belum lagi proses coating memang secara dasarnya ada tiga tahapan juga, sampai benar-benar selesai,” ujar Christopher. Menurut Christopher, konsumen jangan mau dimanfaatkan dengan dibilang harus bayar lebih mahal hanya karena dilakukan beberapa layer untuk coating. Sebab, prosesnya memang seperti itu.

Adapun melapisi cat mobil dengan lapisan coating sebenarnya tak hanya berlaku bagi pemilik kendaraan baru. Bagi pengguna kendaraan bekas pun, bisa menikmati layanan coating agar warna cat kembali seperti baru sekaligus melindunginya.

Karena pada dasarnya coating memiliki fungsi melindungi permukaan cat agar tidak mudah terserang jamur dan sebagainya, serta mengembalikan warna cat seperti baru.

Baca juga: Cara Mengetahui Kekentalan Oli Mesin Lewat Kode Kemasan

Namun sebelum dilakukan coating, pemilik mobil harus memastikan bahwa seluruh body mobil tidak mengalami baret, penyok, atau goresan yang cukup dalam. Jika memang ada goresan sedikit, bisa disamarkan. Tapi jika ada penyok, harus dirapikan dulu.

Meski coating berfungsi melindungi permukaan cat, pemilik mobil tetap harus melakukan perawatan berkala setiap enam bulan sekali. Perawatan tersebut bertujuan untuk membersihkan jamur atau goresan kecil.


Kembali ke atas