Bukan Hitam, Ini Warna Mobil Paling Favorit di Seluruh Dunia

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 29 May 2020

Bukan Hitam, Ini Warna Mobil Paling Favorit di Seluruh Dunia

momobil.id – Bagi beberapa orang, warna hitam merupakan warna favorit karena beberapa alasan. Selain menawarkan kesan elegan, warna hitam juga dinilai bisa menyamarkan noda atau debu yang menempel di body kendaraan. Meski menjadi salah satu warna favorit, hitam ternyata tidak menjadi warna mobil paling disukai oleh masyarakat dunia.

Berdasarkan data yang dirilis Axalta selaku perusahaan spesialis pelapis cat mobil yang bermarkas di Philadelphia, Amerika Serikat, warna mobil paling disukai masyarakat global ternyata adalah putih.

Dalam laporan yang dipublikasikan pada 6 November 2019 lalu itu, ada sepuluh warna yang paling disukai, dengan besaran persentase berbeda dan dijabarkan sesuai peringkatnya. Adapun mobil berkelir putih masih paling laris diburu konsumen dunia, dengan persentase 38 persen, diikuti hitam 19 persen, dan abu-abu 13 persen.

Selebihnya sepuluh persen warna silver, tujuh persen biru, enam persen merah, tiga persen coklat, dua persen kuning, satu persen hijau, dan satu persen sisanya adalah warna lain.

Data tersebut mungkin cukup mengejutkan jika kebetulan sering melihat mobil warna hitam beredar di jalan raya. Apakah hal ini merupakan representasi negara-negara di luar Asia saja? Nyatanya tidak juga.

Baca juga: Lakukan Tiga Hal Ini agar Kinerja Shockbreaker Tetap Optimal

Seperti dilansir 100kpj.com, kepopuleran mobil warna putih, khususnya white pearl (putih mutiara) di benua Asia mengalami peningkatan satu persen. Malah warna gelap cenderung mengalami penurunan, salah satunya abu-abu. Hal ini membuktikan bahwa warna putih memang digandrungi masyarakat secara global.

Menariknya lagi, Manager Produksi Axalta Global, Nancy Lockhart mengatakan, putih sudah menjadi warna mobil favorit sejak delapan tahun berturut-turut. Artinya, fakta tersebut bukan menjadi hal baru di industri roda empat.

“Kami mulai melihat warna-warna lain semakin mendapatkan popularitasnya dalam beberapa tahun terakhir. Yang pasti, konsumen benar-benar mulai mengubah cara mereka melihat warna kendaraan mereka,” kata Lockhart.


Kembali ke atas