Bukan Kotak atau Segitiga, Mengapa Setir Mobil Berbentuk Bulat?

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 3 June 2020

Bukan Kotak atau Segitiga, Mengapa Setir Mobil Berbentuk Bulat?

momobil.id – Pada umumnya masyarakat saat ini tentu mengenal bahwa setir mobil berbentuk bulat. Namun sebelum tahun 1894, bentuk dan penggunaan setir mengalami beberapa kali perubahan. Ada alasan mengapa akhirnya setir berbentuk bulat dinilai lebih baik dari segi kenyamanan dan keamanan.

Pada tahun 1885 ketika mobil pertama diproduksi yakni Benz Patent-Motorwagen, belum dilengkapi dengan setir. Pada masa itu mobil digerakkan dengan tuas kemudi berbentuk tungkai yang memang penggunaanya disebut kurang optimal baik untuk pengendaliannya maupun tingkat keakuratan pengarahan roda yang kurang akurat, terutama saat ingin memarkirkan mobil akan lebih sulit

Barulah pada tahun 1894, setir berbentuk bulat atau melingkar ditemukan dan digunakan oleh Alfred Vacheron. Pria ini menggunakan setir kemudi berbentuk melingkar di ajang lomba balapan mobil pertama di Prancis.

Setelah melalui serangkaian uji coba, Alfred mengatakan bahwa mekanisme setir mobil melingkar lebih mudah sehingga mobil Panhard kala itu selalu dibuatkan setir melingkar, meski pada saat itu setir masih berbentuk sedikit mendatar seperti setir truk dan bus.

Perubahan mekanisme setir kemudi pada mobil terus berlanjut hingga tahun 1899. Singkat cerita, perkembangan terus dilakukan produsen-produsen otomotif, sampai muncul sistem power steering yang mengombinasikan setir kemudi dengan sistem hidrolik seperti saat ini.

Adapun alasan lain setir berbentuk bulat menjadi pilihan hingga saat ini karena mampu menghadirkan genggaman yang ideal untuk melakukan putaran dari semua sudut. Di sisi lain lebih aman memudahkan gerakan tangan untuk mengatur arah mobil. Risiko tangan menyilang juga lebih minim, misalnya saat menikung atau putar balik.

Baca juga: Penyebab Sirkulasi AC Menjadi Kotor dan Cara Mengatasinya

Bentuk lingkaran pada setir juga disebut lebih simetris atau seimbang. Sebab mobil berkaitan dengan komponen wheel aligment seperti camber, caster, serta beberapa istilah lain. Sederhananya, pada sebuah mobil akan terlihat sudut kemiringan roda depan kendaraan terhadap sebuah garis vertikal yang dilihat dari arah depan. Kemudi berbentuk lingkaran juga membuatnya lebih mudah menyeimbangkan roda depan kiri dan kanan sehingga menyetir lebih ringan dan stabil.


Kembali ke atas