Cara Menggunakan Shift Lock Pada Mobil Matic ketika Parkir Paralel

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 18 October 2020

Cara Menggunakan Shift Lock Pada Mobil Matic ketika Parkir Paralel

momobil.id – Jika sedang parkir paralel, mobil transmisi manual sudah bisa dicabut kuncinya saat transmisi berada pada posisi netral. Namun tidak demikian dengan mobil transmisi otomatis. Itu sebabnya mengapa mobil matik dilengkapi dengan shift lock.

Seperti diketahui, kunci mobil matic tak bisa dicabut jika tuas transmisi belum berada di posisi P (parkir). Agar mobil bisa didorong ketika parkir paralel, pemilik mobil matic harus menaruh tuas transmisinya di posisi N (netral). Karena jika posisi tuas tetap di posisi P, maka mobil tidak bisa didorong. Hal ini tentu akan menyulitkan pemilik mobil lain yang ingin mengeluarkan mobilnya karena terhalang mobil yang sedang parkir paralel di depannya.

Cara menggunakan shift lock pada mobil matik ini cukup mudah. Setelah mobil dimatikan dan kunci dicabut, tekan tombol shift lock dan geser tuas transmisi ke posisi N. Meski begitu, tak semua mobil menempatkan shift lock dalam bentuk tombol.

Jenis shift lock kedua yakni berupa lubang, yang rata-rata ditemui pada mobil yang sudah menggunakan fitur smart key atau keyless. Secara fungsi sebenarnya tidak berbeda dengan model tombol. Hanya saja proses penggunaannya sedikit berbeda lantaran harus dicolok menggunakan anak kunci.

Baca juga: Daftar Fitur Canggih di Mobil yang Biasanya Jarang Digunakan

Lubang shift lock ini biasanya berada di samping tuas transmisi. Kemudian pengemudi harus mencoloknya dengan anak kunci. Sebagai informasi, mobil-mobil yang menggunakan smart key tetap dibekali anak kunci yang bisa digunakan saat darurat.

Adapun jika sudah mengaktifkan shift lock, hal lain yang perlu diperhatikan pengemudi mobil matic saat parkir paralel adalah jangan mengaktifkan rem tangan. Karena jika rem tangan diaktifkan, maka sama saja mobil tak bisa didorong.

Sumber gambar: Shutterstock


Kembali ke atas