Cara Merawat Electric Sliding Door agar Tidak Macet

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 17 May 2020

Cara Merawat Electric Sliding Door agar Tidak Macet

momobil.id – Pintu geser elektrik alias electric sliding door memang menambah kenyamanan dan kesan elegan pada mobil. Meski begitu, pintu jenis ini juga rentan mengalami kerusakan. Pemilik mobil perlu mengetahui cara merawat electric sliding door yang benar agar usia pakainya lebih awet.

Pasalnya, jika electric sliding door sudah rusak, maka biaya perbaikannya cukup besar. Itu sebabnya pemilik mobil perlu mengetahui cara merawat electric sliding door yang benar guna menghindari biaya perbaikan yang seharusnya tak perlu dikeluarkan. Berikut beberapa cara merawat electric sliding door yang bisa dicoba seperti dilansir laman resmi Nissan.

Baca juga: Tak Sekedar Hiasan, Ketahui Fungsi Spoiler Pada Mobil

Hindari banjir

Salah satu penyebab yang paling sering merusak sliding door elektrik pada mobil adalah air. Air yang masuk pada motor pintu dapat menimbulkan korsleting yang berakibat rusaknya motor itu sendiri. Air tidak akan masuk bila hanya terkena tetesan air hujan saja. Namun bila Anda menggunakan mobil untuk menerjang banjir, akibatnya bisa fatal. Pasalnya, motor yang berada di bawah pintu akan terendam banjir dan rusak terkena air. Bahkan, beberapa mobil ada yang menempatkan motor di pijakan kaki dekat pintu mobil.

Rajin bersihkan rel pintu

Ketika mencuci mobil, pastikan juga membersihkan rel pintu sebersih mungkin dari berbagai kotoran, seperti lumpur dan pasir. Kotoran-kotoran ini akan mengendap dan menyebabkan pintu sulit bergerak dengan lancar. Mobil pun akan bekerja lebih berat. Semakin lama mobil bekerja berat, maka semakin cepat mobil akan aus dan rusak. Oleh karena itu, pastikan rajin membersihkan rel pintu.

Namun, jangan siram langsung rel pintu. Air yang disiramkan langsung ke rel dikhawatirkan mengalir menuju ke mobil dan membasahinya. Akibatnya, mobil bisa basah dan terjadi korsleting. Jangan lupa untuk mengeringkan rel setelah dicuci.

Lumasi rel dan roller

Gunakan cairan penetral yang mudah didapatkan di toko-toko otomotif. Semprotkan cairan tersebut pada bagian-bagian tertentu, seperti rel, roller, dan bearing. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bersihkan cairan tersebut dengan kain kering. Cara ini akan membantu bagian-bagian tersebut terhindar dari karat dan kotoran.

Jangan lupa melumasi rel dan roller serta bearing tersebut. Setelah dibersihkan, berikan gemuk di bagian-bagian tersebut. Gemuk akan mencegah kotoran menempel langsung serta membuat gerakan menjadi lebih luwes.



Kembali ke atas