Begini Cara Set Ganjil Genap di Aplikasi Google Maps

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 5 October 2022

Begini Cara Set Ganjil Genap di Aplikasi Google Maps

momobil.id – Beberapa kota besar di Indonesia menerapkan sistem ganjil genap pada ruas jalan tertentu untuk mengatasi kemacetan lalu lintas. Agar memudahkan pengendara untuk mencari ruas jalan yang bebas dari aturan ganjil genap, bisa mencari rute alternatif menggunakan Google Maps. Lantas, bagaimana cara set ganjil genap di aplikasi Google Maps?

Sekilas Mengenai Google Maps

Google Maps merupakan sebuah layanan digital dengan bentuk peta. Layanan ini menampilkan gambar lokasi jalanan, hingga tingkat kemacetan pada berbagai ruas jalan di seluruh dunia. Google Maps bisa diakses melalui smartphone, komputer, maupun tablet. Layanan ini juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa diunduh.

Manfaat Setting Ganjil Genap

Mengatur pat nomor ganjil genap pada Google Maps tentu memberikan berbagai keuntungan. Meskipun tidak update dengan informasi terkait lalu lintas, pengguna bisa mendapatkan informasi mengenai rute terbaik untuk berpergian.

Google Maps akan secara otomatis mengarahkan penggunanya melewati jalur terbaik dan bebas ganjil genap. Pengguna juga secara tidak langsung akan terhindar dari tilang karena menghindari jalur ganjil genap.

Cara Set Ganjil Genap di Aplikasi Google Maps

Untuk menghindari ganjil genap dan mencari jalur alternatif lain, berikut adalah cara yang bisa dilakukan untuk mengatur ganjil genap di aplikasi Google Maps.

1. Unduh dan Buka Aplikasi Google Maps

Langkah utama yang dilakukan adalah membuka aplikasi Google Maps. Setiap smartphone memiliki Google Maps sebagai aplikasi bawaan. Bagi yang tidak memiliki aplikasi tersebut bisa mengunduh terlebih dahulu aplikasi Google Maps di Google PlayStore (Android) atau App Store (iOS) .

2. Pilih Lokasi Tujuan

Layaknya menggunakan aplikasi Google Maps, masukan terlebih dahulu lokasi yang ingin dituju. Sebelum memasukan lokasi, pastikan bahwa sistem GPS pada smartphone dalam keadaan menyala. Kemudian, masukkan alamat lokasi tujun yang sesuai. Pilih menu directions atau rute yang ada pada bagian bawah.

3. Memilih Moda Transportasi

Setelah menentukan lokasi tujuan, pilihlah moda transportasi yang tersedia dalam Google Maps. Perlu diketahui bahwa Google Maps memiliki berbagai macam moda transportasi seperti mobil, motor, kendaraan umum, transportasi berbasis online, atau berjalan kaki.

Pilihlah moda transportasi mobil yang berada di bagian depan. Google Maps kemudian akan memberikan saran rute yang bisa digunakan untuk berkendara dengan mobil.

4. Memasukkan Pengaturan Plat Nomor

Terdapat dua cara mengatur plat nomor pada Google Maps. Pada bagian bawah terdapat menu dengan tulisan “avoiding odd plate roads” atau “avoiding even plate roads“. Kedua tulisan tersebut akan muncul tergantung pada settingan yang dipilih.

Bila diklik salah satu, maka akan muncul pilihan “apakah pengguna menggunakan plat ganjil atau genap”. Pilihlah salah satu sesuai dengan plat nomor kendaraan dan kondisi jalanan.

Jika pengguna menggunakan plat genap pada tanggal ganjil, maka Google Maps akan mengarahkan ke rute lain untuk menghindari jalan dengan aturan ganjil genap,

5. Memilih Jalur

Pada bagian tanggal ganjil dan menggunakan mobil berplat nomor ganjil, Google Maps akan menyediakan dua rute sekaligus. Dua rute tersebut melewati jalur dengan aturan ganjil genap ataupun tidak. Pengguna kendaraan akan disarankan untuk melewati jalur terbaik dan tercepat yang disediakan oleh Google Maps.

Baca Juga: Begini Cara Melacak Mobil dengan Aplikasi Google Maps

Daftar Ruas Jalan Ganjil Genap di Jakarta

Berikut ini merupakan daftar ruas jalan di DKI Jakarta yang diberlakukan ganjil genap. Adapun operasi ganjil genap dimulai pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB, dan sore hari pukul 16.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB.

1. Jalan Pintu Besar Selatan
2. Jalan Gajah Mada
3. Jalan Hayam Wuruk
4. Jalan Majapahit
5. Jalan Medan Merdeka Barat
6. Jalan MH Thamrin
7. Jalan Jenderal Sudirman
8. Jalan Sisingamangaraja
9. Jalan Panglima Polim
10. Jalan Fatmawati
11. Jalan Suryopranoto
12. Jalan Balikpapan
13. Jalan Kyai Caringin
14. Jalan Tomang Raya
15. Jalan Jenderal S Parman
16. Jalan Gatot Subroto
17. Jalan MT Haryono
18. Jalan HR Rasuna Said
19. Jalan DI Pandjaitan
20. Jalan Jenderal A Yani
21. Jalan Pramuka
22. Jalan Salemba Raya sisi barat, untuk timur dari Simpang Jalan Paseban Raya sampai Diponegoro
23. Jalan Kramat Raya
24. Jalan Stasiun Senen
25. Jalan Gunung Sahari.

mobil terkait

Rp 331.100.000

Individu

Rp 309.100.000

Individu

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA

Rp 347.000.000

Individu

JAKARTA

Rp 199.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 205.000.000

Individu

JAKARTA UTARA


Kembali ke atas