Daftar Rekomendasi Mobil untuk Anak Kuliahan

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 15 June 2020

Daftar Rekomendasi Mobil untuk Anak Kuliahan

momobil.id – Guna menunjang aktivitas perkuliahan sehari-hari, mobil bisa menjadi salah satu pilihan mahasiswa. Mobil baru atau bekas? Itu tergantung bujet yang disiapkan. Ada beberapa rekomendasi mobil anak kuliahan dari berbagai brand yang bisa dipilih sesuai bujet maupun selera.

Sebelum membeli mobil, ada baiknya mengingat-ingat dulu apa saja kebutuhan mobilitas yang diperlukan. Apakah hanya sebagai transportasi pribadi untuk pergi pulang kuliah, atau juga sebagai sarana mencari pendapatan tambahan dengan menjadi transportasi antar jemput bagi teman-teman sekelas yang memiliki jam kuliah sama.

Jika sudah menentukan apa saja kebutuhannya, selanjutnya adalah mencari mobil yang bisa menjawab kebutuhan tersebut. Di bawah ini merupakan rekomendasi mobil yang mungkin cocok dengan kebutuhan anak kuliahan karena memiliki daya tampung yang lumayan dan desainnya cukup trendi.

Baca juga: Arti Singkatan Rpm di Mobil dan Cara Membacanya

Honda Brio

Honda Brio generasi kedua
Honda Brio generasi kedua

Ini merupakan mobil favorit yang banyak disukai orang, baik untuk varian Satya maupun RS. Turun di kelas LCGC dan city car, Honda Brio memiliki desain yang cukup oke dan dibekali fitur yang tergolong lumayan. Satu hal yang akan menjadi daya tarik besar Honda Brio adalah konsumsi bahan bakarnya yang irit. Tenaganya cukup untuk akselerasi cepat dengan bodi yang kompak untuk city car.

Honda Jazz

Honda Jazz
Honda Jazz

Harganya memang lebih mahal dibanding Honda Brio. Namun fitur yang ditawarkan cukup sebanding. Desain Honda Jazz juga terlihat sporty sehingga disukai oleh kalangan muda seperti mahasiswa. Kabin Honda Jazz juga cukup nyaman dan lapang. Volume bagasi pun bisa ditingkatkan dengan melipat bangku baris kedua bila membutuhkan ruang yang lebih luas untuk menaruh barang besar.

Toyota Agya

Toyota Agya facelift
Toyota Agya facelift

Mobil ini juga bisa menjadi pilihan bagi yang dananya lebih terbatas. Apakah memilih Agya dengan mesin 1.0L atau 1.2L jika memutuskan membeli mobil bekas, maka hal itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tampilan Agya 1.2L memang lebih sporty dan mesin yang digunakan sudah 1.200 cc. Jika mencari yang harganya lebih terjangkau, maka bisa memilih Agya dengan mesin 1.000 cc. Secara desain, mobil ini juga cukup disukai karena mampu menawarkan aura sporty yang cocok dengan jiwa muda.

Toyota Yaris

Toyota Yaris
Toyota Yaris

Tampilan Toyota Yaris terbaru memang terlihat sporty. Fitur-fitur yang ditawarkan pun cukup oke, baik dari sisi hiburan maupun keamanan. Kekurangannya, harga baru mobil ini cukup tinggi bagi yang bujetnya terbatas. Solusinya, bisa membeli Yaris dengan tahun yang lebih tua, termasuk Yaris ‘bakpao’ yang harganya kini lebih terjangkau.

Mazda 2 hatchback

Mazda 2 hatchback
Mazda 2 hatchback

Bila mencari hatchback dengan tampilan sporty, ada opsi lain yakni Mazda2 hatchback. Selain tampilan eksterior yang kental aura sporty, fitur hiburannya cukup lengkap. Bantingan suspensinya memang terasa agak keras, namun membuat pengendaliannya lebih asyik untuk bermanuver.

Suzuki Swift

Suzuki Swift
Suzuki Swift

Popularitas Suzuki Swift memang tidak setenar para rivalnya seperti Toyota Yaris atau Honda Jazz. Namun saat pertama kali diluncurkan di Indonesia, hatchback andalan Suzuki ini mendapat respon yang positif. Desainnya tidak kalah sporty dan terlihat sederhana seperti mobil Eropa. Fitur yang dihadirkan Suzuki Swift bisa mengakomodasi kebutuhan hiburan seperti tombol audio di setir sehingga memudahkan untuk mengakses tombol volume atau memindahkan musik favorit.

Sumber gambar: Shutterstock


Kembali ke atas