Deretan Fitur Ini Dulunya Hanya Ada di Mobil Mewah

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 6 September 2020

Deretan Fitur Ini Dulunya Hanya Ada di Mobil Mewah

momobil.id – Pada mobil-mobil tahun lawas, tak banyak fitur yang dibenamkan jika mobil tersebut bukan tergolong mobil mewah. Misalnya, power window yang jamak ditemukan pada mobil-mobil keluaran terkini, dulunya tak dimiliki semua mobil. Pada mobil lawas, rata-rata masih menggunakan engkol untuk membuka tutup jendela kaca mobil.

Tak hanya power window, saat ini ada beberapa fitur lainnya yang mulai jamak ditemukan di berbagai mobil keluaran terbaru. Bahkan pada mobil yang masuk dalam segmen entry level. Seperti dilansir OtoDriver, berikut daftar fitur mobil yang dulunya hanya ada di mobil mewah namun kini sudah menjadi fitur yang jamak ditemukan.

Lampu LED

Lampu LED
Lampu LED

Lampu LED dulu hanya tersedia di beberapa model premium. Sebut saja BMW, Mercedes-Benz, dan beberapa model mobil Jepang yang cukup premium. Dulunya, mobil yang memiliki harga terjangkau hanya dilengkapi dengan lampu utama halogen. Kini, Daihatsu Sigra, Toyota Calya, hingga Toyota Avanza sudah dilengkapi dengan lampu utama LED.

Engine Start Stop

Tombol Start Stop Engine
Tombol Start Stop Engine

Tombol Engine Start Stop dulunya hanya hadir di beberapa mobil mewah. Mercedes-Benz E-Class W211 varian Avantgarde yang diproduksi di tahun 2004 merupakan mobil pertama di Indonesia yang menggunakan fitur tersebut. Tak hanya itu, BMW seri-5 dan seri-7 yang dilansir tahun 2004 juga telah menganut fitur serupa. Dan di tahun 2006, Toyota Yaris adalah mobil Jepang termurah pertama yang menggunakan Engine Start Stop Button. Akan tetapi, untuk memiliki Yaris dengan fitur ini, Anda harus membeli varian termahalnya, yakni tipe S. Kini, fitur Engine Start Stop Button ditemukan di beberapa model seperti Wuling Cortez, DFSK Glory 560, Suzuki Ignis, hingga Toyota Agya.

Baca juga: Mobil Listrik Honda e Berencana Segera Mengaspal Oktober 2020

Sunroof

Ilustrasi sunroof
Ilustrasi sunroof

Sunroof dahulu jarang sekali ditemukan di mobil yang beredar di Indonesia. Tentu yang menjadi pertimbangan yakni Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang diklaim tidak cocok jika menggunakan fitur tersebut. Dan tentunya, fitur ini hanya digunakan pada mobil mewah. Namun, seiring perkembangan zaman, fitur ini bisa menambah kesan keleluasaan kabin. Bahkan beberapa mobil terkikni dengan harga terjangkau sudah menggunakan sunroof. Seperti KIA Picanto dan Wuling Cortez.

Electric Seat

Electric Seat
Electric Seat

Sama dengan fitur-fitur yang disebutkan di atas, electric seat bisa dikatakan fitur yang cukup langka dan hanya ditemukan di mobil-mobil Eropa sepert BMW dan Mercedes-Benz. Namun kini, electric seat bisa ditemukan pada berbagai model seperti DFSK Glory 580, Wuling Almaz, dan Wuling Cortez.

Sumber gambar: Shutterstock


Kembali ke atas