Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Bau Bensin pada Kabin Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 27 June 2022

Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Bau Bensin pada Kabin Mobil

momobil.id – Pada umumnya, bau bensin seringkali muncul ketika hendak mengisi bahan bakar. Bau bensin yang menyengat tentu membuat sebagian orang merasa tidak nyaman. Meskipun hal tersebut dianggap normal, bau bensin yang muncul bukan disebabkan karena pengisian bahan bakar merupakan masalah yang cukup serius. Pemilik mobil perlu memahami apa saja penyebab timbulnya bau bensin dalam kabin mobil. Berikut adalah beberapa penyebabnya.

Tumpahan Bensin dalam Kabin

Cairan bensin bisa saja tumpah di dalam kabin apabila teknisi ceroboh saat mobil selesai diservis. Apabila terjadi kesalahan pada saat servis mobil, bensin bisa saja mengenai jok yang terbuat dari kain atau beludur. Hal ini tentunya membuat bau bahan bakar sulit hilang bila tidak dibersihkan. Oleh karena itu, periksa terlebih dahulu jok dan bagian kabin apakah ada sisa-sisa bensin atau tidak.

Tutup Tangki Bensin Tidak Rapat

Salah satu penyebab dari munculnya bau bensin pada kabin mobil adalah tutup tangki bensin yang tidak rapat. Saat mobil dipanaskan, bau gas akan muncul apabila tangki bensin tidak tertutup rapat. Akibatnya, bau bensin akan timbul pada kabin. Tutup tangki yang tidak rapat bisa terjadi akibat kesalahan pemilik, atau tutup yang rusak. Apabila tutup tangki rusak, maka segera pergi ke bengkel untuk menggantinya dengan yang baru.

Kebocoran pada Tangki atau Selang Bensin

Adanya kebocoran pada tangki dan selang bisa menjadi penyebab timbulnya bau bensin pada kabin. Hal ini juga bisa ditandai dengan munculnya tetesan cairan bensin pada bagian bawah mobil. Untuk mencegah terjadinya kerusakan, segera bawalah mobil ke bengkel resmi untuk dilakukan pemeriksaan.

Baca Juga: Tips Menghilangkan Bau Tak Sedap di Kabin Mobil

Busi yang Longgar atau Rusak

Komponen busi merupakan bagian paling penting yang mengantarkan tenaga dari ruang mesin. Apabila busi longgar, cincin penyegel bisa mengeluarkan asap dari ruang bakar. Kemudian, asap diteruskan ke kompartemen mesin, lebih tepatnya sistem ventilasi. Hal ini dapat menimbulkan bau bensin pada interior mobil.

Kebocoran pada Fuel Pump

Mobil yang mengalami kebocoran injektor bahan bakar biasanya disebabkan karena seal karet yang rusak. Hal ini dapat menyebabkan asal keluar dari bahan bakar dan mengakibatkan kendaraan bau bensin. Untuk mengeceknya, hidupkan mesin dan biarkan mesin menyala hingga panas. Apabila ada bau bensin pada kabin, maka kemungkinan besar seal karet sudah rusak.

Adanya Masalah pada Karburator

Timbulnya bau bensin pada interior mobil bisa diakibatkan oleh masalah karburator. Karburator yang rusak dapat menimbulkan bau bensin saat mobil dihidupkan. Selain itu, tenaga mobil juga menjadi lemah apabila karburator rusak. Pemilik mobil disarankan untuk mengecek kendaraan ke bengkel mobil resmi.

mobil terkait

Rp 173.990.000

Individu

BANDUNG

Rp 173.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 149.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 171.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 180.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 176.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas