Tips Menghilangkan Bau Tak Sedap di Kabin Mobil

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 16 August 2020

Tips Menghilangkan Bau Tak Sedap di Kabin Mobil

momobil.id – Selain bagian eksterior, bagian interior juga perlu diperhatikan pemilik mobil guna menunjang kenyamanan selama berkendara. Salah satu cara merawat interior mobil adalah rajin membersihkannya agar kabin mobil anti bau tidak sedap yang bisa mengurangi kenyamanan berkendara.

Selain rajin membersihkan interior, tips lain yang bisa dicoba agar kabin mobil anti bau adalah dengan menggunakan pewangi. Meski begitu, pemilik mobil sebaiknya tak memilih pewangi yang baunya terlalu menyengat karena bisa menimbulkan mual atau membuat pusing.

Ada beberapa aroma yang menjadi rekomendasi sebagai pewangi mobil. Berikut daftarnya seperti dilansir Kompas.com.

Baca juga: Begini Caranya Membersihkan Jok Mobil Berbahan Beludru

Kopi

Aroma dari kopi, baik itu bubuk atau biji kopi sangat bermanfaat untuk menetralisir bau tidak sedap terutama asap rokok. Sudah banyak pemilik mobil yang menjadikan biji kopi sebagai pengharum mobil yang bagus untuk mengusir bau tidak sedap.

Caranya, cukup sederhana. Pemilik mobil hanya perlu meletakan biji kopi yang diletakkan ke dalam wadah yang sudah dilubangi tutupnya di beberapa sudut dalam kabin. Bahkan sekarang sudah banyak produsen yang mengeluarkan pafum dengan aroma biji kopi.

Daun pandan

Irisan daun pandan juga dinilai ampuh untuk dijadikan pengharum mobil untuk menghilangkan bau tidak sedap. Selain alami, daun pandan bisa menghindarkan pemilik mobil dari pemakaian pewangi sintetis kimiawi. Caranya mudah, cukup ambil 20 helai dan letakkan di bawah jok. Aroma dari daun pandan tersebut dapat bertahan hingga dua minggu.

Sereh

Berfungsi sebagai aroma terapi, daun sereh mengandung minyak atsiri yang berguna untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi saraf. Semakin kuat oksidasi oleh udara, maka semakin menyengat pula bau yang dikeluarkan. Caranya, taruh 20 hingga 25 tangkai daun sereh di dalam cup holder, kemudian simpan di bawah jok.

Bunga melati

Sama seperti kopi, bunga melati juga memiliki sifat menyerap, dan menyebarkan aroma yang bisa menghilangkan bau tidak sedap pada kabin mobil.


Kembali ke atas