Hanya Boleh di Sirkuit, Lamborghini Ini Dilarang Digunakan di Jalan Raya

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 3 August 2020

Hanya Boleh di Sirkuit, Lamborghini Ini Dilarang Digunakan di Jalan Raya

momobil.id – Hanya tersedia sebanyak 40 unit, Lamborghini Essenza SCV 12 tak bisa dibawa pulang oleh pembelinya meski harganya dibanderol 2,7 juta poundsterling (sekitar Rp50,8 miliar). Mobil bertenaga buas tersebut harus disimpan di hangar khusus yang dibangun Lamborghini di Sant’Agata Bolognese.

Selain tak bisa dibawa pulang ke garasi rumah pembeli, Lamborghini Essenza SCV 12 juga tak boleh digunakan di jalan raya. Alasan mengapa mobil ini tak boleh dibawa pulang karena pemakaiannya hanya khusus di sirkuit saja dan ilegal dipakai di jalan raya. Seperti disebutkan di atas, pembeli mobil ini bisa menyimpan Lamborghini Essenza SCV 12 di hangar khusus. Setiap garasi penyimpanan mobil ini juga bisa didesain sesuai keinginan pemilik mobil.

Jika melihat spesifikasinya, mobil ini memang cukup wajar jika hanya boleh digunakan di lintasan balap. Seperti dilansir Detik.com, Essenza SCV12 diklaim sebagai yang paling bertenaga yang pernah diproduksi oleh pabrikan asal Italia itu. Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan Essenza SCV12 mencapai 820 HP.

Power besar itu datang dari mesin berkapasitas 6,5 liter dengan konfigurasi V12. Untuk menunjang kecepatan, Lamborghini memasang sasis carbon-fiber monocoque dan pipa pembuangan khusus yang bisa mengurangi back pressure.

Memiliki enam tingkat percepatan, mobil berpenggerak roda belakang ini disematkan rem Brembo. Masing-masing ban berukuran 19 dan 20 inch berturut-turut untuk depan dan belakang.

Beralih ke body, terdapat dua air-intake di atas kap untuk mempercepat pendinginan mesin buas yang ada di bawahnya. Terlihat juga sirip, splitter, dan sayap belakang yang adjustable. Bodyworks pada Essenza SCV12 didesain untuk menciptakan tenaga downforce yang besar, sekitar 1.200 kg pada kecepatan 250 km/jam.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Rental Mobil Bagi Pemula

Adapun pada setiap garasi yang menyimpan mobil ini, turut dilengkapi kamera pengawas 24 jam. Pemilik mobil bisa memantau keadaan kendaraannya setiap saat melalui aplikasi khsusus yang sudah disiapkan. Sebagai informasi, Lamborghini bukan pabrikan pertama yang menyediakan ‘jasa’ penyimpanan mobil. Ferrari sebelumnya punya paket penjualan serupa, terutama pada mobil-mobil yang hanya bisa dipakai di sirkuit.


Kembali ke atas