Harus Teliti! Simak 8 Tips Memilih Mobil Bekas Banjir

Ditulis oleh : Agita Bela Hakiki | 10 November 2020

Harus Teliti! Simak 8 Tips Memilih Mobil Bekas Banjir

momobil.id – Bagi orang dengan dana yang terbatas, membeli mobil bekas menjadi solusi yang cukup cerdas jika ingin memiliki mobil pribadi. Namun, kita harus tetap teliti dalam memilih mobil bekas, terutama jika mobil bekas yang ingin kita beli adalah mobil bekas banjir. Berikut kami rangkum beberapa tips memilih mobil bekas banjir.

Pastikan asal muasal mobil

Hal paling dasar sebelum membeli mobil bekas adalah mengecek asal atau lokasi mobil. Sahabat Momo bisa mengecek STNK mobil, apakah alamat pemilik sebelumnya berada di kawasan banjir atau tidak. Tidak semua mobil yang berasal dari kawasan banjir pasti terendam. Namun, ini bisa dijadikan pertimbangan sebelum membeli mobil bekas.

Mencium bau tidak sedap

Ciri-ciri selanjutnya dari mobil bekas banjir adalah bau yang tidak sedap pada interior mobil. Jika Sahabat Momo mencium bau apek, bisa diindikasikan bahwa mobil tersebut bekas terendam banjir. Bau menyengat dari penggunaan pengharum kabin yang berlebihan juga patut diwaspadai.

Cek interior mobil

Ilustrasi interior mobil
Ilustrasi interior mobil

Selanjutnya, Sahabat Momo bisa mengecek interior mobil. Pastikan melakukan pengecekan dengan teliti. Biasanya, mobil yang terendam banjir akan meninggalkan noda seperti lumpur dan bekas air pada interiornya.

Cek bagian jok, bawah karpet, sela-sela karet, pintu, dan bagasi mobil. Kotoran yang terbawa banjir biasanya akan mengendap dan meninggalkan bekas. Tanyakan juga kepada pemilik sebelumnya apakah interior mobil tersebut sudah pernah diganti setelah banjir atau hanya dibersihkan saja.

Periksa sistem elektrikal

Pemeriksaan sistem elektrikal pada mobil bekas banjir sangat penting dilakukan. Hal ini untuk mengetahui apakah semua fitur-fitur masih berfungi atau tidak. Nah, Sahabat Momo bisa melakukan test drive sambil memeriksa klakson, lampu utama, lampu sein, power window, audio, wiper, dan lampu kabin. Pastikan tidak ada yang mengalami gangguan.

Baca juga: Modifikasi Taksi Bekas Banjir, Fitra Eri Tampil Sebagai Juara Live Modz 2020

Periksa bagian bawah mobil

Ilustrasi bagian bawah mobil

Mobil bekas terendam banjir biasanya akan berkarat di beberapa bagian, khususnya bagian bawah mobil yang sebagian besar terbuat dari logam. Pastikan Sahabat Momo memeriksa bagian bawah mobil, apakah ada bagian yang berkarat atau tidak.

Cek riwayat servis

Pengecekan riwayat servis juga bisa menjadi indikator yang bagus sebelum membeli mobil bekas. Tanyakan kepada pemilik sebelumnya, apa saja servis yang pernah dilakukan dan sesuaikan dengan kondisi mobil. Hal ini untuk mengetahui masalah apa saja yang pernah dialami mobil tersebut.

Kaca dan lampu yang berembun

Ilustrasi Lampu Berembun

Kaca dan lampu juga wajib diperiksa. Banjir dengan arus yang tidak deras memang tidak bisa seketika merusak kaca dan lampu mobil. Namun Sahabat Momo tetap harus teliti, periksa apakah kaca dan bagian dalam lampu berembun atau tidak. Jika berembun, maka kemungkinan mobil tersebut bekas terendam banjir.

Harga yang terlalu murah

Yang terakhir, Sahabat Momo harus berhati-hati nih jika ada mobil bekas yang dijual dengan harga terlalu murah. Jangan tergiur dengan harga yang murah, bisa jadi mobil tersebut bekas terendam banjir. Pastikan lagi menerapkan tips-tips di atas agar Sahabat Momo mengetahui kondisi mobil yang ingin dibeli.

Itulah beberapa tips yang telah kami rangkum bagi Sahabat Momo yang ingin memilih dan membeli mobil bekas banjir. Jika Sahabat Momo ingin membeli mobil bekas (bukan) bekas banjir, Sahabat Momo bisa langsung kunjungi momobil.id.

Momobil Bebas Baper

Nah, kali ini ada program spesial dari momobil.id yaitu Momobil Bebas Baper. Buat Sahabat Momo yang ingin membeli mobil bekas, bisa langsung berkunjung ke Adira Expo di Jalan Raya Serpong, Serpong, Tangerang Selatan. Di sana ada banyak pilihan mobil bekas yang tentunya berkualitas.

Momobil Bebas Baper dimulai 12 September hingga 30 Desember 2020. Sahabat Momo bisa mendapatkan banyak promo menarik, mulai dari Gratis Nano Ceramic Coating, Diskon Kaca Film Solar Gard hingga 50%, Engine Care hanya Rp 199.000 dan Gratis Balancing, Isi Nitrogen & Tambal Ban selama 1 tahun. Langsung saja kunjungi Momobil Bebas Baper sekarang. Beli mobil bekas impianmu dan dapatkan beragam promo menariknya.


Kembali ke atas