Ini Bahaya Mengemudi Mobil Transmisi Matik dengan 2 Kaki

Ditulis oleh : admin | 17 February 2022

Ini Bahaya Mengemudi Mobil Transmisi Matik dengan 2 Kaki

momobil.id – Mobil bertransmisi matik dan manual memiliki perbedaan. Pada mobil bertransmisi manual, terdapat 3 buah pedal, sedangkan mobil bertransmisi matik hanya memiliki 2 pedal. Biasanya, kaki kiri mengoperasikan pedal kopling pada mobil manual. Namun, sebagian masih memperdebatkan apakah mengemudi mobil matik boleh menggunakan 2 kaki secara bersamaan, atau kaki kanan saja?

Tanpa memiliki pedal kopling, mengemudi mobil matik lebih mudah dibandingkan dengan mobil manual. Sebagian orang menggunakan kedua kaki, kaki kanan untuk menginjak pedal gas dan kaki kiri untuk menginjak pedal rem. Sejatinya mengemudi mobil matik tidak boleh menggunakan 2 kaki. Pedal pada mobil bertransmisi otomatis hanya dioperasikan dengan kaki kanan saja, sedangkan kaki kiri diistirahatkan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir resiko kecelakaan.

“Di sini orang sering sekali salah dalam mengoperasikan pedal mobil matik. Jadi mengoperasikan pedal mobil matik dengan kaki kanan dan kiri itu tidak boleh. Hanya perlu menggunakan kaki kanan. Kaki kiri dibiarkan istirahat. Dan ketika ingin mengerem, pedal gas dilepas,” ucap Training Development, Section Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Aji Prima Barus Nurcahya dilansir dari detikOto.

Baca Juga: Penyebab Kampas Rem Mobil Matik Lebih Boros Dibanding Mobil Manual, Ada yang Jadi Kebiasaan Kamu?

Apabila pengemudi menggunakan kedua kaki untuk stand by pada kedua pedal, maka mobil akan sulit dikendalikan. Hal ini bisa menyebabkan kasus salah injak pedal yang berpotensi menimbulkan kecelakaan. Kaki kiri seseorang biasanya lebih sensitif dibandingkan dengan kaki kanan. Sehingga, pengemudi rawan menginjak rem terlalu keras dan mobil bisa berhenti mendadak. Jika dilakukan di jalan raya, maka bisa menyebabkan tabrak belakang yang dapat merugikan pengemudi dan pengendara lainnya.

Meskipun tidak digunakan saat mengendarai mobil matik, kaki kiri harus tetap dalam posisi siaga. Kaki kiri diletakkan pada foot step untuk menyeimbangkan badan pengemudi saat berada dalam kondisi ekstrem dan rem emergency. Di dunia berkendara sendiri, ada teknik mengerem menggunakan kaki kiri. Namun, teknik ini hanya dilakukan oleh pengendara profesional. Biasanya kalangan professional melakukan hal ini pada tikungan tumpul, namanya Left Foot Braking.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas