Kenali Apa Saja Penyebab Wiper Mobil Lambat saat Hujan

Ditulis oleh : Agita Bela Hakiki | 2 December 2020

Kenali Apa Saja Penyebab Wiper Mobil Lambat saat Hujan

momobil.id – Wiper menjadi salah satu komponen penting ketika berkendara dalam guyuran hujan. Sebagai penunjang keselamatan, gerak wiper yang lambat bisa mengganggu kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Oleh karena itu, kita harus mengetahui apa saja penyebab wiper mobil lambat saat hujan.

Fungsi wiper pada mobil adalah untuk menyeka air pada kaca mobil agar visibilitas pengemudi tidak terganggu. Gerak wiper yang lambat akan menyebabkan penyekaan air yang tidak maksimal. Berikut kami rangkum beberapa penyebab wiper mobil lambat saat hujan.

Penyebab pertama biasanya datang dari link dan poros wiper. Sambungan-sambungan yang seret, berat atau bahkan oblak bisa menyebabkan gerak wiper lambat. Jika belum terlalu parah, maka bagian-bagian tadi bisa dilumasi menggunakan grease agar kembali lancar. Namun, jika kondisi sudah parah maka wiper harus diganti dengan yang baru.

Baca juga: Penjelasan Mengapa Sebaiknya Tak Menyalakan Lampu Hazard saat Hujan

Penyebab kedua yaitu motor wiper. Untuk mengetahui motor kondisi motor wiper, harus dilakukan pembongkaran terlebih dahulu. Bagian yang perlu dicek pada motor wiper adalah arang atau karbon brush. Jika perlu, lakukan penggantian agar performa lebih maksimal.

Penyebab selanjutnya adalah ukuran karet wiper yang tidak sesuai standar. Hal ini bisa membuat wiper menjadi lebih berat yang menyebabkan gerakan wiper menjadi lambat. Oleh karena itu, gunakan ukuran karet wiper sesuai standar yang sudah ditentukan.

Cacat produksi dan bengkok juga bisa menyebabkan gerak wiper menjadi lambat dan menimbulkan bunyi berdecit. Untuk itu, perlu dilakukan penyetelan ulang agar wiper kembali normal.

Pemeriksaan rutin pada wiper mobil sangat penting, terutama saat musim hujan seperti sekarang. Jadi, sudahkah Sahabat Momo memeriksa kondisi wiper mobil?


Kembali ke atas