Kenali Definisi dan Perbedaan pada Sistem Penggerak Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 18 May 2020

Kenali Definisi dan Perbedaan pada Sistem Penggerak Mobil

momobil.id – Untuk mentransfer tenaga dari mesin menuju roda, maka dibutuhkan sistem penggerak. Ada 4 macam sistem penggerak, yaitu Rear Wheel Drive (RWD), Front Wheel Drive (FWD), All Wheel Drive (AWD), dan Four Wheel Drive (4WD). Masing-masing dari jenis sistem penggerak roda mobil memiliki perbedaan, kelebihan, dan kekurangan. Berikut adalah perbedaan pada jenis sistem penggerak roda mobil.

Rear Wheel Drive (RWD)

Sistem penggerak RWD merupakan sistem dengan penggerak dua roda yang menggunakan roda belakang sebagai penggeraknya. Sistem RWD memiliki penggerak yang terpisah dengan sistem kemudi di roda depan. Pada mobil yang memiliki sistem RWD, biasanya memiliki komponen gardan yang menjadi penghubung antara sistem transmisi dengan roda belakang.

Salah satu kelebihan dari penggunaan sistem RWD ini adalah karakter mobil yang dihasilkan cenderung lebih halus dibanding penggerak roda depan. Oleh karena itu, penggerak roda belakang masih banyak dipakai oleh mobil sedan mewah yang mengutamakan kenyamanan. Mesin penggerak roda belakang juga membuat kemudi menjadi lebih ringan.

Front Wheel Drive (FWD)

Sistem penggerak FWD merupakan sistem penggerak dua roda yang menggunakan roda depan sebagai penggeraknya. Secara desain, mesin FWD melintang dari sisi kanan dan kiri kendaraan. Mesin dan transmisi dihubungkan langsung ke roda depan menggunakan Drive Shaft. Sistem penggerak dan transmisi terhubung langsung dengan mesin, sehingga tidak membutuhkan gardan. Kelebihan dari sistem FWD adalah kerja mesin yang lebih efisien dan kabin lebih nyaman karena tidak ada gundukan gardan yang terbentang di lantai kabin.

Kekurangan dari sistem FWD ini adalah terdapat pada bagian pengendalian, dimana sering terjadi gejala mobil nyelonong dan understeer. Hal ini disebabkan karena bobot kendaraan cenderung terpusat pada bagian depan. Sistem FWD ini sudah banyak dipakai pada mobil dari city car, hatchback, sedan kecil hingga besar, serta MPV dan sebagian SUV.

Baca Juga : Kenali Waktu yang Ideal untuk Mengganti Karet Wiper pada Mobil

All Wheel Drive (AWD) dan Four Wheel Drive (4WD)

Sistem penggerak AWD dan 4WD merupakan sistem yang serupa, karena keempat roda mobil bergerak bersamaan. Sistem 4WD dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu Part Time 4WD, Full Time 4WD, dan All Wheel Drive. Part Time 4WD merupakan sistem 4WD yang bisa diaktifkan dan dinonaktifkan sesuai dengan kebutuhan pengendara mobil. Full Time 4WD merupakan sistem yang tidak mempunyai 2WD, melainkan hanya 4H (High Range) dan 4L (Low Range). All Wheel Drive merupakan sistem dimana semua roda mobil bergerak dan tidak bisa diubah menjadi 2WD, 4H atau 4L.

Kelebihan dari AWD adalah traksi yang maksimal, dimana keempat roda mendapatkan tenaga dari mesin. Jika satu roda selip, maka tenaga akan ditransfer ke roda lain, sehingga mobil lebih stabil. Distribusi tenaga di roda mobil AWD diatur oleh central differential dan komputer tergantung kondisi yang dihadapi.



Kembali ke atas