Kenali Waktu yang Ideal untuk Mengganti Karet Wiper pada Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 16 May 2020

Kenali Waktu yang Ideal untuk Mengganti Karet Wiper pada Mobil

momobil.id – Wiper mobil merupakan komponen yang memiliki fungsi penting, apalagi saat mengemudi dalam kondisi hujan. Seperti komponen mobil lainnya, karet wiper memiliki batas usia pemakaian. Waktu penggantian wiper biasanya disesuaikan dengan perawatan pada wiper. Jika tidak dirawat, maka karet wiper bisa cepat rusak. Oleh karena itu, penting bagi pemilik mobil untuk mengecek wiper secara rutin dan mengganti karet wiper bila sudah rusak.

Kondisi karet wiper yang sudah rusak terlihat dari tingkat kelenturan pada karetnya. Karet wiper yang sudah mengeras akan membuat daya hapus kaca tidak maksimal. Hal ini dapat terlihat ketika wiper menyeka kaca, dimana karet wiper tidak bisa membersihkan kaca secara sempurna. Apabila hal seperti ini terjadi, pemilik mobil harus segera mengganti karet wiper mobil.

Untuk penggantian wiper, Didit Ahadi selaku Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) menyarankan penggantian wiper yang ideal adalah dua kali dalam setahun. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi karet yang tidak bagus merusak permukaan kaca depan.

“Sebaiknya dalam setahun dua kali karet wiper harus diganti. Kalau karet wiper sudah keras bisa sobek dan membuat blade pada wiper terkena kaca dan menyebabkan baret,” kata Didit dilansir dari KOMPAS.com.

Baca Juga : Tips Menghilangkan Bunyi Mendecit pada Karet Wiper

Angkat Wiper Ketika Parkir Di Luar Ruangan

Salah satu penyebab batas usia karet wiper yang pendek adalah dengan memarkir mobil di bawah paparan sinar matahari. Terik sinar matahari dapat membuat kaca mobil panas, sehingga wiper terkena panas dari kaca. Hal ini tentunya memberikan efek yang negatif untuk karet wiper. Karet wiper akan kehilangan kelenturan dan mengeras, sehingga menimbulkan efek terhadap daya sapu wiper. Oleh karena itu, pemilik mobil disarankan untuk mengangkat wiper ketika mobil sedang diparkir di luar ruangan.

Selain itu, kotoran dan debu yang menempel pada kaca dapat memberikan efek bagi karet wiper. Kotoran dan debu bisa mempersingkat batas usia karet wiper. Oleh karena itu, pemilik mobil bisa menggunakan air washer untuk membersihkan kotoran. Air washer dapat membuat kaca bersih sekaligus membuat karet wiper lebih awet.



Kembali ke atas